Kamis, 16 Agustus 2012

Alasan biantang pliaraan harus disteril

Berikut adalah pertanyaan yang umum ditanyakan oleh orang-orang, seputar mitos dan fakta mengenai Sterilisasi.

T: Apa yang dimaksud dengan steril?
J: Steril pada anjing dan kucing betina mengacu pada pengangkatan organ reproduksi (ovarium, saluran telur, rahim), sementara steril pada hewan jantan berarti mengangkat testisnya. Sterilisasi mencegah hewan berkembang biak (sehingga mengurangi over populasi hewan peliharaan). Sterilisasi juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk hewan peliharaan dan juga mengurangi masalah perilaku tertentu yang tidak diinginkan.

T: Apakah anjing saya harus punya anak dulu sebelum disteril?
J:  Tentu saja tidak. Semua bukti medis menunjukkan anjing sebaiknya disteril sebelum loop pertama. Semakin muda usianya, semakin mudah operasi yang dilakukan oleh dokter hewan dan semakin cepat penyembuhannya.

Jika Anda membiarkan anjing Anda kawin dan mempunyai anak, berarti Anda langsung memberikan kontribusi terhadap masalah over populasi hewan peliharaan. Dengan begitu, sekarang Anda harus menemukan rumah untuk semua anak anjing yang dilahirkan tersebut. Untuk setiap rumah yang Anda temukan, berarti satu rumah sudah diambil dan hilang kesempatan bagi anjing stray yang sudah terlanjur lahir untuk mendapatkan rumah. Ditambah lagi, Anda tidak dapat mungkin tahu hal buruk apa yang akan dilakukan oleh pemilik anak anjing Anda di kemudian hari. Jadi, kecuali Anda mensterilkan semua anak-anak anjing sebelum menempatkan mereka, pemilik baru mungkin akan membiarkan anjing mereka berkembang biak juga. Dengan demikian, Anda telah menambahkan jumlah anjing untuk masalah over populasi hewan peliharaan.

Jadilah pemilik yang bertanggung jawab, pemilik yang tidak membiarkan hewan peliharaannya untuk beranak-pinak, mengingat adanya masalah over populasi di negeri ini.

T: Apakah saya harus membiarkan anjing saya mendapatkan loop (menstruasi) pertama sebelum steril?
J: Secara medis, lebih baik anjing Anda disteril sebelum loop pertama. Ini akan mengurangi risiko kanker kelenjar susu. Pemilik yang menunggu loop kedua untuk mensteril anjing mereka akan meningkatkan risiko kanker kelenjar susu pada hewan peliharaan mereka. Jika anjing betina sudah mengalami beberapa kali loop, maka kemungkinan anjing tersebut terkena kanker kelenjar susu adalah satu banding empat.

T: Apakah tidak masalah jika anjing saya disteril ketika dia masih berusia muda (masih anak-anak)?
J: Di luar negeri, para dokter hewan melakukan steril pada anak anjing di usia 8 minggu selama berat badan mereka paling sedikit dua kilogram. Tentu saja, usia itu bervariasi, tergantung jenis trah anjingnya. Beberapa trah kecil harus dilakukan di usia yang lebih dari 8 minggu sementara trah besar biasanya siap steril di usia dua bulan.
 
Masih ada beberapa orang yang mengatakan mensteril anak anjing itu berbahaya, tapi itu tidak benar. Sekarang hal ini telah lebih diterima secara luas. Ide-ide tentang perlunya menunggu sampai setelah anjing enam bulan atau satu tahun benar-benar kuno dan bukti-bukti malah mengatakan hal yang sebaliknya. Bahkan American Veterinary Medical Association mendukung Sterilisasi di usia muda.
Anak-anak anjing dapat pulih jauh lebih cepat dibandingkan dengan anjing dewasa. Sterilisasi adalah operasi kecil dan mengurangi Penyakit di kemudian hari. Operasi steril lebih mudah dilakukan pada hewan di usia muda.

T: Untuk steril, dibutuhkan biaya yang cukup mahal dan saya tidak sanggup membayarnya. Apa yang harus saya lakukan?
J: Ada beberapa klinik hewan dan dokter hewan yang dapat memberikan harga lebih murah. Untuk informasi ini, Anda bisa dapatkan melalui komunitas pecinta atau penyelamat hewan. Terkadang ada steril massal dengan harga cukup murah yang dilakukan di beberapa tempat tertentu. 

T: Apakah anjing dapat menjadi gemuk setelah disteril?
J: Anjing, seperti juga manusia, tentu akan menjadi gemuk apabila makanan yang dimakan terlalu banyak dan tidak diberikan latihan atau aktifitas. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara pemilik membawa anjing mereka untuk berjalan atau berlari setiap hari.

T: Anjing saya adalah anjing penjaga. Jika disteril, apakah anjing saya akan berhenti menjaga rumah saya?
J: Steril tidak akan mempengaruhi keinginan anjing Anda atau kemampuan untuk melindungi rumah Anda atau melindungi Anda. Anjing penjaga dilatih untuk menjadi anjing penjaga. Perilaku mereka adalah berdasarkan naluri, lingkungan dan pelatihan.
Banyak polisi unit K9 yang mensteril anjing mereka. Tidak ada korelasi antara Sterilisasi dan kemampuannya untuk melindungi Anda.
Tapi orang juga perlu memahami bahwa kecuali anjing mereka telah dilatih untuk menjadi anjing penjaga, anjing secara natural bukanlah benar-benar anjing penjaga. Kebanyakan anjing secara alami akan melindungi tuannya, tetapi jika Anda benar-benar membutuhkan anjing untuk perlindungan, dan anjing Anda tidak terlatih, Anda dalam resiko.

T: Apakah anjing saya berhenti kabur dari rumah jika disteril?
J: Dengan atau tanpa disteril, Anda harus benar-benar menjaga anjing Anda untuk tidak kabur. Tapi dengan disteril, itu akan mengurangi insting anjing berkeliaran mencari anjing betina yang sedang loop dan kawin. Steril juga akan mengurangi dorongan anjing Anda untuk melarikan diri rumah atau lompat pagar rumah Anda. Tapi tentu saja, tidak ada alasan untuk membiarkan anjing bebas berkeliaran di jalanan. Ini berbahaya.


T: Anjing saya marking (menandai wilayah dengan menyemprotkan urin berbau tajam) di seluruh rumah saya. Jika sudah disteril, apakah perilaku marking akan berhenti?
J: Sterilisasi dapat membuat perilaku marking, yang merupakan perilaku territorial, berkurang dan bahkan hilang sama sekali seiring waktu. Marking adalah perilaku menandai wilayah mereka yang bertujuan mencegah anjing jantan lain untuk bisa datang ke dalam wilayah dan mendapatkan anjing betina untuk kawin. Jadi Sterilisasi dapat menghilangkan masalah ini. Tapi bisa juga anjing melakukan marking yang disebabkan oleh isu kesehatan yang buruk atau masalah perilaku. Jadi alangkah baiknya untuk melakukan Sterilisasi di usia muda, sebelum hewan mencapai kematangan seksual dan sebelum perilaku menandai telah menjadi kebiasaan.

T: Apakah Sterilisasi dapat mencegah Penyakit anjing di masa depan?
J: Ya, tentu saja. Pada anjing betina, steril sangat mengurangi kanker payudara dan benar-benar menghilangkan kanker rahim dan Penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan rahim. Pada anjing jantan, steril menghilangkan kanker testis atau Penyakit lain yang erhubungan dengan testis dan dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat. Umumnya, hewan peliharaan yang sudah disteril hidup lebih lama dan lebih bahagia.

T: Apakah operasi steril aman?
J : Operasi steril adalah operasi hewan yang paling umum dilakukan. Sebagian besar hewan mengalami rasa tidak nyaman yang relatif sedikit (anestesi/obat bius digunakan selama operasi, dan obat penghilang rasa nyeri biasanya diberikan sesudahnya) dan hewan dapat kembali ke aktivitas normalnya dalam satu atau dua hari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar