Rabu, 08 Agustus 2012

Penyebab dan cara mengatasi anjing susah makan


Untuk penggemar anjing, pasti bakal bingung bange kalo liat anjing pliaraannya gag mau makan. Soalnya, kalo dibiarin terus-menerus, ni bisa bikin anjing jadi kurus n sakit.

Trus, gimana nih?

Ya, sebelum kita atasi, kita cari dulu kenapa nafsu makan anjing berkurang. Beberapa di antara penyebab nafsu makan anjing berkurang adalah:

  1. Anjing hanya dipelihara sendiri, tidak punya teman sehingga tidak adanya daya saing. 
  2. Anjing yang baru tiba dirumah barunya langsung diberi makan (baca artikel: Tips merawat anjing yang baru dibeli). 
  3. Anjing mempunyai masalah dengan pencernaan, seperti: cacingan,kembung atau maag. 
  4. Anjing masih dalam kondisi sakit atau stress. 
  5. Anjing terlalu dimanja. 
  6. Anjing terlalu sering diberi cemilan atau kudapan. 
  7. Jadwal dan porsi makan yang tidak teratur. 
  8. Aktifitas kurang. 
Jadi, jika anjing anda ga da gairah makan, maka ada baiknya langkah yang harus diambil adalah:

  1. Pelihara lebih dari 1 ekor anjing, sehingga ada teman untuk bermain dan saling berkompetisi. Semua anjing harus makan bersama-sama sehingga membuat anjing takut temannya akan merampas makanannya. Sehingga anjing akan berlomba untuk menghabiskan makanannya. 
  2. Jangan beri makan anjing dalam waktu minimal 6 jam, pada saat anjing baru tiba dirumah. 
  3. Berikan obat cacing secara berkala. 
  4. Jika anjing dalam kondisi sakit atau stress. Usahakan , disembuhkan secara total. Selama sakit, anjing diberi makan vitamin khusus penambah nafsu makan. 
  5. Jangan terlalu memanjakan anjing anda. Beri dia jadwal puasa sehari penuh setiap minggu. Jangan beri makan dalam satu hari, hanya diberi air minum saja. 
  6. Hentikan pemberian cemilan atau kudapan. Jangan terlalu memperkenalkan rasa pada anjing, karena akan mengurangi selera makan jika diberi dog food kering. 
  7. Buat jadwal makan secara teratur. Anjing anakan sampai umur 3 bulan, makan 4 kali sehari, beri jarak waktu sekitar 4-5 jam. Untuk anjing diatas umur 3 bulan , makan 3 kali dengan jarak waktu 6-7 jam. Untuk anjing diatas 6 bulan, makan 2 kali dengan jarak waktu 12 jam. Berikan waktu sekitar 20 menit untuk anjing menghabiskan makanannya. Jika belum habis setelah 20 menit, segera angkat dan jangan diberikan lagi sampai jadwal makan berikutnya. 
  8. Olahragakan anjing secara teratur 1 jam sebelum jadwal makan. 
Jika sudah, lakukan hal berikut untuk memulihkan nafsu makan anjing: 
 
Hari ke 1 : Anjing dipuasakan , jangan diberi makan sedikitpun dalam waktu 24 jam. 

Hari ke 2-4: Berikan anjing makan dengan porsi ¼ dari porsi makan biasa. Beri waktu 20 menit, jika tidak habis segera diangkat. 

Hari ke 5-6 : Bila pada hari ke 2 – 4 anjing sudah menghabiskan porsi makannya, porsi makan boleh ditambah ¼ porsi lagi. Jika tidak , tetap berikan ¼ porsi. 

Hari ke 7 : Anjing dipuasakan lagi. 

Hari ke 8-13 : Tambah porsi makan hingga ¾ porsi makan seharusnya. 

Hari ke 14 : Anjing dipuasakan lagi. 

Hari ke 15 : Berikan makan dengan 1 porsi. 

Selanjutnya tiap hari ke 7 anjing dipuasakan.

Note: 
  
Tapi ingat! Terapi ini hanya buleh diterapkan pada anjing dalam keadaan sehat. Jika anjing dalam keadaan sakit, jangan lakukan.Selain itu, setiap hari anjing harus diberikan vitamin penambah nafsu makan.Dan jangan memakai patokan porsi yang tertera pada packing dog food karena setiap anjing berbeda kebutuhannya. 


http://www.anjingkita.com/wmview.php?ArtID=316

184 komentar:

  1. Bagaimana cara yg tepat untuk puppy (2bulan) yg mengalami kembung? Tanda2 dia cacingan /sakit maag seoerti apa? Terima kasih..

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mengurangi perut kembung pada anjing anda
    Hal pertama: apakah anjing anda menunjukkan gejala-gejala penyakit? Jika iya, anjing anda harus dibawa ke dokter hewan sebelum anda berusaha untuk mengatasi sendiri perut kembung pada anjing anda. Tanda-tanda seperti diare, muntah dan kehilangan nafsu makan disertai dengan perut kembung dapat berarti adanya masalah pada saluran gastrointestinal. Meskipun anjing anda menunjukkan gejala penyakit lain yang sepertinya tidak berhubungan dengan perut kembungnya, anda harus tetap membawanya ke dokter hewan sebelum mengganti makanannya ataupun pengobatannya.

    Jika anjing anda terlihat baik-baik saja disamping gas tersebut, langkah selanjutnya adalah memastikan anjing anda sehat secara keseluruhan. Semua anjing harus diuji kesehatannya oleh dokter hewan setiap 6-12 bulan sekali. Jika anjing anda telah mengunjungi dokter hewan selama 6-12 bulan terakhir dan tidak ditemukan adanya masalah kesehatan apapun, maka bagus. Jika tidak, lebih baik anda membuat janji untuk bertemu dokter hewan sebelum anda mengatasi perut kembung pada anjing anda sendiri.

    Jika anjing anda terlihat sehat secara keseluruhan, maka hal-hal berikut ini yang dapat anda rubah sebagai usaha untuk melancarkan keluarnya gas yang terdapat didalam perutnya:

    Ubahlah makanan anjing anda. Makanan anjing yang anda berikan dapat mengakibatkan produksi gas yang berlebihan pada anjing anda. Jika anda memberikan anjing anda makanan berkualitas rendah “ekonomis” makanan yang penuh dengan ‘fillers’ atau makanan yang terbuat dari jagung dan makanan ‘by-products’ atau makanan yang terbuat dari olahan organ-organ yang tidak dimakan oleh manusia, cobalah untuk merubah makanan tersebut dengan kualitas makanan yang lebih baik yang terbuat dari kesulurahan bahan makanan. Cobalah makanan anjing yang natural (alami), holistic. Anda juga bisa mempertimbangkan makanan homemade. Hindari bahan-bahan yang dapat memproduksi gas yang berlebihan seperti, kedelai, susu, kacang-kacangan dan buah.
    Perlambat cara makan anjing anda. Anda dapat memberi makan anjing anda dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering dalam sehari, atau gunakan mangkok makan yang secara khusus didesain untuk memperlambat cara makan anjing anda.
    Cobalah probiotik. Ketika keuntungan dari probiotik menjadi perdebatan diantara pakar professional, namun tentu saja hal tersebut tidak membahayakan jika anda mencoba untuk menambahkan bakteri baik kedalam saluran gastrointestinal anjing anda. Pastikan anda menggunakan probiotik berkualitas tinggi yang cocok untuk anjing anda. Tanyakanlah pada dokter hewan anda untuk merekomendasikannya.
    Cobalah suplemen makanan. Penggunaan Yucca schidigera atau asetat Zinc telah banyak diketahui dapat mengurangi bau gas, tetapi bukan gas tersebut. Arang aktif juga diketahui dapat mengurangi bau gas. Sebelum anda mulai memberikan anjing anda suplemen, pastikan memilih produk yang dapat digunakan/ditujukan untuk digunakan pada anjing.


    Ketika anda memutuskan untuk merubah salah satu diatas, pastikan untuk mencoba satu pilihan dalam satu waktu untuk memastikan cara mana yang dapat berkerja dengan baik. Jika tidak ada satupun yang bekerja, anda dapat mencoba menggabungkan beberapa cara pada satu waktu. Ingatlah, jika pada suatu saat terjadi diare, muntah, kehilangan nafsu makan atau gejala-gejala penyakit lainnya pada anjing anda, anda harus membawanya ke dokter hewan.

    Ketika anda menunggu cara-cara diatas berkerja, satu cara yang mudah untuk mengurangi gas pada anjing anda adalah dengan cara berolahraga. Berjalan-jalan 30 menit setelah anjing anda makan dapat membantu mengeluarkan gas-gas tersebut lebih cepat, biarkan anjing anda mengeluarkan gas tersebut diluar rumah dimana bau gas tersebut lebih tidak jelas berbau.

    BalasHapus
  3. Berikut adalah 11 gejala yang paling umum bagi anjing cacingan:

    1. Anjing Batuk
    Salah satu gejala stadium lanjut dari cacing hati pada seekor anjing adalah batuk demikian pula cacing tambang dan cacing gelang .

    2. Anjing Muntah
    Anjing yang cacingan akan sering muntah. Cacing gelang kadang-kadang bisa muncul dalam muntahan anjing.

    3. Anjing diare
    Tinja lunak dan diare anjing dapat menjadi hasil dari cacingan. Disamping diarea anjing yang terkena cacing tambang kotoran mereka berdarah.

    4. Rendah Energi Anjing
    Anjing yang kelihtan lesu dan kurang aktif dari normal menunjukkan gejala cacingan.6. Perubahan nafsu makan
    Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam nafsu makan anjing, ia mungkin telah cacingan dalam kontak dengan cacing gelang. Anjing yang terinfeksi sering kehilangan nafsu makan mereka. Karena cacing terus mencuri nutrisi anjing akibatnya anjing yang cacingan tersebut akan menunjukkan peningkatan nafsu makan dan kelaparan.Jika Anda menduga bahwa anjing cacingan segera bawa kedokter hewan anda terdekat .
    5. Perut gendut
    Jika anjing anda perut meggendut atau kembung memungkinkan telah terjangkit cacingan. Hal ini umumnya terjadi pada anak anjing yang telah terjangkit cacingan dari ibu mereka.


    6. Perubahan nafsu makan
    Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam nafsu makan anjing, ia mungkin telah cacingan dalam kontak dengan cacing gelang. Anjing yang terinfeksi sering kehilangan nafsu makan mereka. Karena cacing terus mencuri nutrisi anjing akibatnya anjing yang cacingan tersebut akan menunjukkan peningkatan nafsu makan dan kelaparan.

    7. Berat badan turun drastis
    Anjing anda menunjukkan tanda-tanda penurunan berat badan yang cepat, ia mungkin cacingan cacing pita atau cacing cambuk

    8. Bulu kusam tidak bercahaya dan bersinar
    Seekor anjing yang sehat harus memiliki bulu tebal mengkilap. Jika bulul anjing Anda mulai kusam dan kering, ia mungkin telah cacingan termasuk kehilangan bulu atau muncul bintik bintik dapat juga berarti cacing.

    9. Gatal gatal dan Iritasi Kulit
    Anjing yang menunjukkan tanda-tanda iritasi kulit sudah terekna cacingan berat.

    10. Menggaruk-garuk dan menggeser-geser pantat
    Sering dapat disebabkan oleh masalah dengan kelenjar dubur, anjing cacingan kadang-kadang akan menggosok ujung belakang mereka di lantai dalam rangka untuk membebaskan diri dari gatal karena cacing berda di daerah tersebut.


    11. Cacing terlihat di Bulu atau tinja
    Beberapa cacing, seperti cacing pita dapat muncul yang bergerak di segmen bulu atau daerah sekitar anus anjing. Cacing gelang sering terlihat dalam kotoran anjing.Jika tidak diobati, cacing dapat merusak organ internal anjing dan akibatnya anjing akan sering pingsan dan kematian

    BalasHapus
  4. Gejala anjing maag:
    1. Anjing hilang nafsu makan dan berat badan
    2. Diare
    3. Lemah
    4. Lesu
    5. Kusam pada bulu anjing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama obatnya apa ya untuk anjing yang maag? Trus belinya dimana? Bisa info ke email saya gag?
      Pradnyasuari13@gmail.com

      Hapus
  5. Dikasih minyak ikan untuk menambah nasfu mkannya bisa nggak ? sama kasih tau porsinya dong.. anjing aku beagle mix tekel 4 bulan..

    BalasHapus
  6. Iya boleh kok.. dikasih minyak ikan juga bisa. cukup dikasih 1 biji aja ke tempat makannya. Tp gak perlu dipecah. Ntar juga di makan ndiri. Atau klo kamu ga' sabar, bisa langsung dikasih ke mulut anjing kamu :D gitu

    BalasHapus
  7. hai boleh nanya? aku punya anjing golden baru 2 bulan, nah waktu pertama kali dateng dirumah, anjingku dikasi susu sedikit, trus 2 harinya dia lemes gak mau makan dan diare, terpaksa aku kasi susu dengan paksa tp sedikit2, dan dia jg sering tidur, gimana ya cara nambah nafsu makannya?

    BalasHapus
  8. Gini, sebenarnya dikasih susu itu boleh2 aja. Cuma kalo gak tawar, susu emang bikin dare. Jadi mending kalo anjingnya pas dikasih susu itu jadi diare, jangan dikasih susu itu lagi. Dari pada ntar anjingnya tambah lemes, karena kekurangan cairan tubuh. Soale klo diare terus kan bikin cairan tubuh terkuras.

    Klo pengen anjing suka makan, dikasih aja minyak ikan. Atau bisa juga dikasih nutrigelplus, Aku saranin mending dikasih nutrigelplus aja. Itu selain bikin anjing sehat karena nambah imun, nutrigel juga bagus untuk menambah nafsu makan anjing. Harganya sekitar 60rb - 100rb. Tergantung dimana kamu belinya.

    BalasHapus
  9. anjing saya jenis tackle umur 6 bulan dia sudah 4 hari tidak mau makan , dog food pun tidak mau apalagi nasi . kira-kira kenapa yaa ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya anjing mulai hilang nafsu makan karena dia lagi gak enak badan. Jd coba aja dikasih makanan kaleng, atau nutri plus, juga snack merk craft..

      Hapus
  10. chyntia_hendriana@yahoo.com20 Oktober 2013 06.36

    Anjing saya border collie umur 3 bulan , dia sakit pilek batuk dan hidung nya berlendir , saya lihat di internet dia kena sakit canine distemper , dia mogok makan , tp saya terua suapin dia dogfood kering, kadang juga ayam. nah saya juga kasih dia nutri plu gel, utk nafsu mkn. cara apalagi yg hrs saya coba ? Trims

    BalasHapus
  11. coba dikasih snack merk craft.. Biasanya itu ampuh untuk penambah nafsu makan.. Maaf baru balas, soalnya baru sempet online nih..

    BalasHapus
  12. aku punya anjing kecil chihuahua, 3 hari yg lalu dia makannya banyak dan nafsu bgt dan aku ksh makan rendang. tiba2 besoknya dia gak mau makan sama sekali sampe sekarang. kira2 itu knp ya? terus aku harus gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mungkin effect dari rendang. Perutnya belum bisa mencerna rendang itu karena teksturnya, mungkin.
      Coba dikasih nutriplus gel aja. Bisa dibeli di petshop terdekat.

      Hapus
  13. Aku punya aniing umur 2bln. dia beberapa hari BAB terus caur, muntah2, dan batuk.. apa itu termasuk gejala cacinhan? trus klo di kasi obat cacing biasa boleh ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah BAB cair bisa dikasih lacto B, itu bisa dibeli di apotek, n soal muntah2 biasanya asam lambungnya naek, itu dikarenakan nafsu makan berkurang, bisa coba dikasih nutriplus gel atau antasida cukup 1/6 aja, dan batuk itu karena flu.
      lebih simplenya sih, mending dikasih nutri plus gel, ada di pet shop kok. Itu buat ngobatin semua penyakit

      Hapus
  14. Dokter hewan saya sih saranin COMBANTRIN utk obatcacing doggy dan diberikan 3 bulan sekali.. obatnya dpt dibeli di apotek kok dan dikasi makannya stgh tablet ..itu resep dr dokter hewan saya.. jangan disama"in ya :D

    BalasHapus
  15. Aku punya anjing shih tzu umur 7 bulan. Nafsu makan berkurang udah seminggu. Dr seminggu saya paksa makan pake pipet ( olahan daging dikasih air dikit) ditmbh ks vitamin imboost. Tp masih gak mau makan dan lemes hanya tidur setiap saat. Kdng pilek dan batuk. Harus bagaimana yah? Sdh kedokter 2x tp gak mempan obatnya. Kasih saran please :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikasih nutri plus gel, mbak. Bisa dibeli di pet shop, harganya 90ribu. Kemasannya kayak pasta gigi. Itu buat mengembalikan nafsu makan yang lagi bermasalah dan bisa juga untuk mengobati semua penyakit yang ada di kucing atau anjing.

      Hapus
  16. Hello, nanya bole ya, aku punya corgi mau 1 th tgl 28 ini. Skrg dari jum'at kmrn dia kehilangan napsu makan, sudah 3/4 hari jg gak BAB. Kmrn ke dokter katanya kembung. Itu hari sabtu ke dokternya.
    Ada saran gak ya harus bagaimana? Pake Nutri plus gel itu bisa gak ya? Kesian soalnya, jdi aneh ngeliat dia gak aktif, lemes gitu sepanjang hari.
    Thanks :)
    Sintia

    BalasHapus
  17. iya, pake nutriplus gel bisa kok.. Itu bisa pulihin nafsu makan n banyak nutrisinya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok deh, τнaиκ чou bgt yah sharingnya :)
      Doain Moose-ku cpt sembuh ya... Rencana sore ini kasih dia combantrine dlu, baru kasih nutriplus.

      Thanks :)

      Hapus
  18. Selamat malam, mau tanya dong..
    Anjing saya sepertinya sedang stres sekaligus tidak enak badan. Belakangan memang batuk", lalu diberi obat oleh dokter. Tapi anjing ini susah minum obat, sampai saya digigit. Orang rumah jadi marah besar karena anjing ini menggit saya, anjing ini dimarahin dan sempat dipukul. Sejak itu dia berubah drastis. Yg tadinya sangat aktif dan manja, sekarang hanya bersemunyi di bawah kolong kursi. Sudah makan juga, sampai kami harus menyuapinya dengan bubur.
    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana supaya dia segera kembali seperti semula?
    Beberapa hari lalu dia sudah minum obat cacing, apa dia masih mungkin terkena sakit cacing hari hari ini? (anjing lain di rumah baru saja mati karena cacing sudah masuk sampai ke darah, saya sangat takut dia tertular)
    terimakasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bsa jd dy lgi trauma. Coba dksih nutriplus gel aja. Belinya di pet shop. Itu bgus bgt buat mulihin nafsu makan n juga bgus utk pmulihan Anjing yg baru skit. Soaale kaya vitamin n biasanya gak prlu disuapin, Anjing ska dg rasa n bau nutriplus gel.

      Hapus
    2. Bsa jd dy lgi trauma. Coba dksih nutriplus gel aja. Belinya di pet shop. Itu bgus bgt buat mulihin nafsu makan n juga bgus utk pmulihan Anjing yg baru skit. Soaale kaya vitamin n biasanya gak prlu disuapin, Anjing ska dg rasa n bau nutriplus gel.

      Hapus
  19. Anjing aq gak mau mkn udah 2 hari,,, tp minumx masih,,,, n suka muntah air gitu kira2 obat apa yag bagus kasih ke anjing yaa,,, soalx dt4 aq tdk ada dokter hewan n apotek khusus hewan ggimana solusinya mohon di bantuan please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl muntah air itu bsa JD asam lambung lagi naik. Ya kl bsa dksih nutriplus gel aj. Tp klo g ad, cba dksih susu atau sereal. Yg psti perutny g blh ksong. Soale kl klmaan dbiarin BSA dehidrasi

      Hapus
  20. Anjing saya jenis kintamani umur 1,5 bulan baru beli 1 minggu yg lalu, dia susah makan dikasi dog food cma dmakan sedikit. Dari 2 hari yg lalu dia batuk2 trus dari tadi sore ga mau makan n muntah2. Mohon infonya please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo batuk2 kmungkinan krn cuaca. Tp kl muntah krn g mau mkan, n muntahannya bntuk busa itu bsa jd Asam lambung naik. Cba dksih nutriplus gel aj. BSA beli di pet shop. Itu bogus utk mulihin nfsu mkan Anjing. Trus spya nfsu mkan pulih, CBA dksih mkanan kaleng jg. Biasanya dia g mau mkan krn pnciuman lg brmasalah. Entah krn flu/ batuk. Jd cba dksih mkanan yg baunya nyengat kyk mkanan kaleng

      Hapus
    2. Nutriplus itu nanti slain bogus utk mulihin nfsu makan, nutriplus jg baik utk mnjaga sistem imun jg lo.. Cba aj! Biasanya guk guk klo dksih nutriplus gel, baru dibuka aja tutupnya uda pdA dtang n jilatin gel nya. Ini jg blaku utk kucing jg lo..

      Hapus
    3. kalau kintamani memang agak peka idungnya, coba Dogfood keringnya dibasahin pakai air hangat/kuah kaldu dr ceker jd bisa utk ngeluarin aromanya. krn dl prnh rescue anjing kintamani memang picky..slamat mencoba

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. hay ..
    boleh nanyak gak ..
    kkak ku beli anjing kintamani ..
    pas 1 hari tu mau makan ..
    Besoknya dikasik kepala ayam,langsung diia muntah
    dan gak mau makan / minum sampai sekarang :(,dan mencret sampai sekarang .!!
    apa ya yg harus aku lakukan ..
    Supaya anjing ku mau makan lagi ..
    bantu saya dong kawan ?? :( :( Pliiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo masalahnya gak mau makan dan mencret sampai sekarang, kemungkinan dia sensitif dg kepala ayam n mungkin karena cuaca juga. trus soal mencret, bisa dikasih Lacto B. belinya di apotik. Setiap hari dikasih setengahnya aja. Ntar sembuh sendiri, tp gak tllu cepet. N klo sampai sekarang jd susah makan, coba dikasih makanan kaleng aja. Biasanya guk guk suka makanan yg baunya menyengat kyak makanan kaleng. Tapi kalau ttp gak mau makan, coba dikasih nutri plus gel aja. Itu bagus untuk memulihkan nafsu makan n tinggi vitamin juga. Belinya di petshop

      Hapus
    2. berapa ya hrganya kira-kira ??

      Hapus
    3. Klo lacto B murah kok. Kyake 10rb..agak lupa. Klo nutriplus agak mahal. Harganya 90rb. Cma yg in bsa ngobatin smua pnyakit

      Hapus
    4. sekedar tambahan dari pengalaman rescue, 2 bulan lalu rescue puppy sehat2 mendadak diare dan bercampur darah dan gk mau makan, sudah vaksin vanguard 5L + Coronavirus krn takut jebol vaksinnya jadi ditest parvo untungnya -, oleh vet dicek mikroskop ada bakteri Isospora - coccidia. untuk puppy diberikan obat cotrimox sirup (combination trimethoprim + sulfamethoxazole ) dengan bnyk merek dari sanbe:Sanprima 30ribu-an, Graprima 10ribuan dosis 2x 3ml shari. kalau sudah dewasa pakai tablet primavon dosis 1x1.

      jangan lupa obat cacing untuk anakan anjing hrus rutin (tapi jgn dalam kondisi dehidrasi krn ini bisa brakibat fatal)

      smoga membantu..

      Hapus
  23. kalao anjing yang kembung minum obat apa yah?semalam makan daging ikan dan tadi pagi muntah dan kejang kejang.terus saya kasi susu dikit tapi sekarang perutnya kembung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dagingnya baru disimpan dikulkas ya? Kl dr kulkas emang sbaiknya dtggu smpek dngin dulu aj baru dksihkan.

      Hapus
    2. Utk mngatasi kmbung, bsa ksid supplement yg mngandung yucca schdigera atau asetat zinc. Lalu plambat mkan Anjing dg cara mberi mkan dg porsi sdkit tp lbh sering. Lalu CBA ubah makanannya dg memlih bahan yg natural/ holistic. Trakhir ajak Anjing stdaknya berolahraga lari lari slama 30 menit tiap harinya

      Hapus
  24. Haiii.. aq punya anjing yorkshire umur hampir 2th. Tiba" ilang nafsu mkn udh aq cb d porsi mknny, tp malah tambah ga d mkn. Dr 2hr yg lalu mencret.. gmn solusiny yaa.. tq ~shirley~

    BalasHapus
  25. Cba dksih nutriplus gel aja. Soale itu bgus utk mmulihkan nfsu mkan n bgus utk daya than tubuh

    BalasHapus
  26. Gan ane mau nanya... anjing ane Pomerainan baru beli tanggal 29 mei kemarin baru umur 3 bulanan. Di tanggal 30 nya itu kalau dikasih makan an dia makan tapi tiba tiba besoknya nafsu makan dia jadi turun dikasih minum sih mau yapi cuman minum dikit... itu kira kira kenapa gan? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bsa aj makanannya g cocok. Mkanya dy g mw makan. Cba dksih makanan lainnya. Atau bila prlu kasih mkanan kaleng. Yg nyengat gitu. Utk hematnya bsa dcmpurkan ke DLM mkanan kerig. Tp skali pake aja

      Hapus
  27. Dok anjing saya gk mau makan cuma maunya minum air putih kenapa yah ..
    Sudah 3hari sejak disuntik obat gatal2 ( karna lg gatal2 ) sama vitamin ( dari dokter ). .tapi kok kenapa setelah itu gk mau makan cuma maunya minum air putih kenapa yah dok ..
    Mohon bantuannya ����

    BalasHapus
  28. Utk yg lagi g nfsu mkan, cba dksih nutriplus gel yg ad di pet shop. Atau coba dksih mkanan basah yg mnyengat aja

    BalasHapus
  29. Anjing saya umur 2 bln,kena cacingan,kmrn dikasih obat drontal plus sama dokter,td pagi kotorannya penuh dgn cacing, sy mau tnya apakah perlu dilanjut obatnya? Krn saya blm yakin cacing sudah keluar semua,utk terapy drumah selain makanan basahnya,perlu dkasih apa lagi ya? Krn belum mau makan,msh lemes,kasian udh kurus..

    BalasHapus
  30. Dilanjut obatnya gpp kok. Karena drontal kan emang buat cacingan. Trus utk mngatasi lemes n susah makan, dksih nutriplus gel aja. Belinya di pet shop. Biasanya Anjing nt akan jilatin gel itu dg sndirinya. Dg bgitu nfsu makan akan pulih kmbali.

    BalasHapus
  31. Hai...
    Saya punya anjing umur 6 bulan...
    Dia muntah muntah terus keluar Cacing Gelang...
    Skarang dia lemas dan nafsu makannya berkurang...
    Apa penyebab kalau anjing terkena Cacingan?
    Obat apa yang harus saya kasi?
    Apakah bahaya jika anjibg terkene Cacing Gelang itu?
    Mohon sarannya yah...
    Thanks :)

    BalasHapus
  32. Coba dksih drontal aja.. Dipetshop ada koo .. Tu buat obatin cacing. Klo biar nfsu makan, dksih nutriplus aja.. Dipetshoop ad kok..

    BalasHapus
  33. Apakah bahaya yah jika anjing terkena cacingan?

    BalasHapus
  34. Ya kl dbiarin bahaya. Soale biasanya akan brpengaruh thd nfsu makannya. Sehingga kl nfsu mkan tg3, anjg akan mnjadi lemas n bsa lbh parah lgi

    BalasHapus
  35. Hi... Saya pnya Chihuahua umur 8bln.... Anjing Saya pnya penyakit Maag krn dr kecil sering mogok makan, pilih2 makanan... Mungkin dia bosan dgn makanan hariannya (Dogfood kering & kornet)... Selama ini saya tdk pernah ganti merk makanannya dan jarang memberikan snack doggy kpdnya...
    Bbrp hari lalu dia muntah cairan kuning dan sdkt berbusa...
    Kmrin sdh Saya bawa kedokter... Disuntik, diberi vitamin dan diberi obat racikan...
    Yg mau saya tanyakan... Saya dnger puasa baik utk anjing yg maag, apa benar??
    Krn saat ini anjing saya lg krng nafsu makan..
    Mohon infonya...
    Trm ksh...

    BalasHapus
  36. Klo muntah busa itu biasanya karena asam lambungnya naek. Kan dy lagi mogok makan. Trus kl soal puasa, y gpp itu bgus aj. Tp jgn lupa ttp dksih air mnum. Krn tkutnya nt dehidrasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok... Trm ksh bnyak atas infonya :)

      Hapus
  37. Puasa bisa utk mncegah doggy utk tdk muntah. Gitu..

    BalasHapus
  38. Halo.. Anjing Mini pomku tiba2 berubah kebiasaan ketika aku tinggalin rumah stngah hari... Kenapa ya??
    Anjingku ini deket bgt sm Aku.. Aku orngnya memang jarang bgt keluar rumah.. Klo keluar rumah paling lama jg 2jam...
    Tp wkt minggu lalu Aku tinggalin anjingku bersama ortuku dirumah selama stngah hari, anjingku yg awalnya gak suka tidur dilantai jd suka tidur dilantai... Biasanya dia suka tidur dipet bed...
    Kata ortuku, selama aku pergi anjingku ini terlihat gelisah n sedih...
    Ada yg tau kenapa anjingku bisa berubah kebiasaan scr cepat??
    Apa dia stres ditinggal lama??

    BalasHapus
  39. Bsa aj doggy nya stres krn dtgl lama. Jd mending doggy nya ddketin aj,. N cba diajak maen n dksh prhatian lebih.

    BalasHapus
  40. Permisi,saya mau tanya,saya punya anjing udah mau 2 minggu ini dia sakit,gejalanya matanya berair kayak belekan gitu,batuk2 gitu kadang suka mau muntahin sesuatu,terus badannya lemes banget,gk nafsu makan pula,tolong dong kasih tau cara penyembuhannya

    BalasHapus
  41. Kl mata berair itu biasanya cacingan.muntahannya ad cacingnya g? Kl ad, cba dksh drontal. Tp kl g ad cacingnya, dksh nutriplus aj

    BalasHapus
  42. Muntahnya kayak ludah gitu,terus di jilat lagi,itu gimana deh,kalau di kasih obat cacing bisa gk?

    BalasHapus
  43. Muntahnya kyk busa gtu y? Itu biasanya krn mkannya g tratur, jd asam lambungnya naek, trus jd muntah. Coba dksih mkanan ksukaannya aj dl, buat macu nfsu makannya. Kl bsa yg mnyengat. Tp kl mw nyoba dksh obt ccing jg gpp. Biasanya obt ccing jg bsa bntu memulihkan nfsu makan.

    BalasHapus
  44. Iya,ludah setengah busa,kalau ngasih obat cacing berapa kali sehari,sama takarannya berapa?
    Makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  45. Utk pmberian obt cacing drontal sbaiknya dberikan 3 bln skali. Dan p.beriannya sbaiknya dlm kondisi perut kosong. Klopun ingin mncampurkan dg mkanannya, sbaiknya dcampur dg 1/4 porsi mkan. Utk dosis drontal itu sbaiknya dberikan trgantung berat bdn doggy. Klo beratnya mncapai 1 - 5 kg dkasih 1/2 tablet j. Klo berat mncapai 6-10 kg dksih 1 tablet drontalplus. Tp pmberian obat ccing ini tdk dianjurkan utk Anjing dg berat dbwah 1 kg. Okee

    BalasHapus
  46. Kalau pake combantrine sirup bisa gk?terus takarannya berapa kalau bisa
    Terima kasih

    BalasHapus
  47. Klo combantrin sirup rasa vanila dksih 1/2 ml aj per kg. Klo rasa jeruk dksih 1 ml per kg berat tubuhnya. Sbaiknya dbrikan mlm hri. Krn aktfitasnya lbih sdikit. Jd krja obt lbh maksimal.

    BalasHapus
  48. Salam knal... Blh minta infonya mengenai keunggulan (manfaat) dogfood holistic bila dibandingkan dgn dogfood super premium??
    Selama ini Sy pakai dogfood super premium dr merk Royal Canin... Doggy Sy sdh umur 9bln tp poopnya 3-4x.. Sy sdh sempat tnya kedokter.. Katanya normalnya umur segtu poop cm 2x... Menurut dokter doggy Sy tdk baik terlalu sering poop krn nutrisi yg terkandung dlm makanan tdk dpt diserap dgn baik...
    Selain itu doggy Sy ini ada mslah dikesehatan lambungnya (maag), bulu rontok.. Apa Dogfood holistic dpt membantu mslah doggy Sy??
    Lalu klo blh tau, Dogfood holistic kwalitas terbaik utk doggy trah kecil (mini) dr merk apa ya???
    Mohon dijawab :)
    Tq...

    BalasHapus
  49. Iya salam kenal jugs.. Utk holistic itu mkananya tanpa bahan pngawet n lengkap nutrisi, shg tdk mnyebabkan alergi. Klo super premium itu sbnernya bgus jg n lgkap nutrisi jg, tp msih ad beberpa bhn yg mngandung bhn kimia. Sehingga trkadang super premium bkin alergi pda doggi. Gtu.. Trus utk makanan yg bogus, cba pke holistic select, advance and blackhawk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok d.. Tq infonya..
      Diantara Solid gold, Acana, Orijen bagusan yg mana ya??
      Khususnya utk doggy trah kecil yg jarang olah raga :D

      Hapus
    2. Pakai solid gold bagus kok :D dicoba aja. Sbnernya smua bogus. Trgantung doggi nya tawar apa tidak. Yg pnting,
      Selama nt g ad mslh dg pncernaannya sehabis dksih mkan, brarti mkanannya its oke

      Hapus
  50. Halo.. Minta infonya dong... Dogfood kwalitas terbaik untuk puppy trah kecil (mini), antara HOLISTIC SELECT, Acana, Orijen, Acana, Solid Gold mana yg sesuai ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai solid gold bagus kok. Yg psti dliat kndisinya doggy jg ya..soale ad bbrpa doggi yg tdk tawar thd mkanan trtentu

      Hapus
  51. Salam kenal gan, boleh minta info nya...
    anjing sy tiba2 muntah warna kuning berbusa, tidak mau makan 2 hari, minum, pup nya tetapi normal dan tetapi masih aktif.
    sy bawa ke dktr hewan divonis dktr kenak maag, dan asam lambung nya tinggi.
    dktr menyuntikkan vit, memberikan omega 3, antasida dan memganjurkan memberikan rebusan hati ayam sbg pemicu makan,
    Sesampai drmh sy berikan rebusan hati yg sy campur dgn nasi putih,
    Alhasil dia lahap sekali makan.
    tp selang 1 minggu kemudian anjing sy tdk mau makan dan minum lg, bahkan dia lemas dan gemetar.
    sy bawa kedktr hewan, vonis nya tetap maag dan asam lambung, resep obatnya juga sama, cuma dktr memberikan obt cacing dan menganjurkan minum pedialyte 30ml per stngah jam.
    drmh sblm anjing sy makan sy berikan antasida 2,5ml yg sy cmpur dgn pedialyte krg lebih 30ml, lalu sy cekokin bubur tim home made dan memberi omega 3 1 hr se x.
    krn anjingnya sy cekokin bubur tim jd sy kurangin pedialyte nya, saya kasi pedialyte saat mau makan yg sy cmpur dgn buburnya.
    yg mau sy share, menurut agan2
    1.apa tndkn sy sdh benar atau ada yg krg benar?
    2. Anjing sy perutnya kembung, bgaimana cra mengatasinya?
    Terima kasih sebelumnyaa.
    gbu's

    BalasHapus
  52. 1. Mnurut sya tdk apa apa.
    2. Utk mngatasi perut kmbung, sbaiknya:
    Ubahlah makanan anjing anda. Makanan anjing yang anda berikan dapat mengakibatkan produksi gas yang berlebihan pada anjing anda. Jika anda memberikan anjing anda makanan berkualitas rendah “ekonomis” makanan yang penuh dengan ‘fillers’ atau makanan yang terbuat dari jagung dan makanan ‘by-products’ atau makanan yang terbuat dari olahan organ-organ yang tidak dimakan oleh manusia, cobalah untuk merubah makanan tersebut dengan kualitas makanan yang lebih baik yang terbuat dari  kesulurahan bahan makanan. Cobalah makanan anjing yang natural (alami), holistic. Anda juga bisa mempertimbangkan makanan homemade. Hindari bahan-bahan yang dapat memproduksi gas yang berlebihan seperti, kedelai, susu, kacang-kacangan dan buah.
    Perlambat cara makan anjing anda. Anda dapat memberi makan anjing anda dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering dalam sehari, atau gunakan mangkok makan yang secara khusus didesain untuk memperlambat cara makan anjing anda.
    Cobalah probiotik. Ketika keuntungan dari probiotik menjadi perdebatan diantara pakar professional, namun tentu saja hal tersebut tidak membahayakan jika anda mencoba untuk menambahkan bakteri baik kedalam saluran gastrointestinal anjing anda. Pastikan anda menggunakan probiotik berkualitas tinggi yang cocok untuk anjing anda. Tanyakanlah pada dokter hewan anda untuk merekomendasikannya.
    Cobalah suplemen makanan. Penggunaan Yucca schidigera atau asetat Zinc telah banyak diketahui dapat mengurangi bau gas, tetapi bukan gas tersebut. Arang aktif juga diketahui dapat mengurangi bau gas. Sebelum anda mulai memberikan anjing anda suplemen, pastikan memilih produk yang dapat digunakan/ditujukan untuk digunakan pada anjing.

    Ketika anda memutuskan untuk merubah salah satu diatas, pastikan untuk mencoba satu pilihan dalam satu waktu untuk memastikan cara mana yang dapat berkerja dengan baik. Jika tidak ada satupun yang bekerja, anda dapat mencoba menggabungkan beberapa cara pada satu waktu. Ingatlah, jika pada suatu saat terjadi diare, muntah, kehilangan nafsu makan atau gejala-gejala penyakit lainnya pada anjing anda, anda harus membawanya ke dokter hewan.

    Ketika anda menunggu cara-cara diatas berkerja, satu cara yang mudah untuk mengurangi gas pada anjing anda adalah dengan cara berolahraga. Berjalan-jalan 30 menit setelah anjing anda makan dapat membantu mengeluarkan gas-gas tersebut lebih cepat, biarkan anjing anda mengeluarkan gas tersebut diluar rumah dimana bau gas tersebut lebih tidak jelas berbau.

    BalasHapus
  53. Jadi gan pedialyte nya gk papa kan klo gk sesering mungkin?
    Krn anjing sya setiap 6 jam se kali saya cekokin bubur tim + 30ml pedialyte yg sy campur dgn buburnya.
    Dokter anjurkan agar sy berikan anjing sy pedialyte per setengah jam 30ml, tetepi anjing sy malah muntah jika kebanyakan cairan yg msk.
    kasian, n semua bubur yg sy kasih dimuntahin n malah gemetaran stlah itu..
    maaf y gan klo sy byk nanya2
    sy khwtr dgn si doggy, kasian udah kurus :'(

    BalasHapus
  54. Iya gpp kok.. Klo doggy nya muntah gtu, mending dosisnya agak dikurangin j. Ksian klo tiap dmsukin gtu msti muntah. Prnah nyoba dksih nutriplus gel g? Itu bgus bwt Anjing ato Kucg yg lgi g bsa dmsukin mkanan. Soale biasanya dokterq msti nyaranin dksih itu, bwt gnti nutrisinya

    BalasHapus
  55. Halllo.. Maaf boleh minta info mengenai pet shop yg menjual berbagai keperluan doggy (makanan, aksesoris, multivitamin, obat dlln) dgn hrg yg ckp miring???
    Trims :)

    BalasHapus
  56. Krn posisi saya di kediri, pet shop yg plg murah stauq tu dipetshop dpne 521.

    BalasHapus
  57. Kalau pet shop berupa online shopping, ada??

    BalasHapus
  58. Anjing saya jantan berumur 3 tahun,beberapa waktu yg lalu saya sterilisasi setelah sekitar 2 bulan badannya makin kurus? walaupun nafsu makan nya tetap sama tapi badanya makin kurus? ada yg bilang kalau habis di steril badan anjing akan jadi kurus,apa benar? apakah ada solusi nya untuk mengemukan lagi? thank you

    BalasHapus
  59. Jgn beri Anjing mkanan yg mngandung lemak tnggi dg alasan apapun. Krn mskipun lmak bs mmbuat anjg cpat gemuk, namun tnggi lmak bs mnyebabkan anjg kna pnyakit jntung. Utk itulah ckup brikan obt ccing. Stelah ITU ksih mnyak ikan, susu khusus Anjing, n mkanan ksukaannya scra rutin. Trims

    BalasHapus
  60. Kalo boleh tau nutrigel nya itu di kasi setiap hari ya ?? Apa hari2 tertentu aja ??
    Dan takaran kasi'a berapa ??
    Thx,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya dikasih tiap hari juga gpp, karena kandungannya bagus. Bisa bikin doggy jadi tambah nafsu makannya.
      Untuk takarannya dikasih 1 - 2 cm. Bisa dikasih 1x atau 2x sehari

      Hapus
  61. Kaka anjing sy jenis shiranian umur 2bln 6hr.2 hr kmrn dia abis perjalanan jauh(bdg-bgr).krn sy beli dibdg tp tgl dibgr.sesampae ny dirmh lsg mencret dan muntah..saran pet shop dipuasakan selama 6 jam..tp sesudah sy jalankan puppy sy jd lemas mogok makandan tetap mencret..sy sdh cb beri mkn alami (nasi+ayam+kaldu) dan dogfood kering rishy tp ttp ga mau makan..help me ka..makasih seblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu dipuasakan dikasih minum ga? karena kalau ga dikasih minum sama sekali, bisa saja puppy nya dehidrasi. Makanya jadi lemas. Utk itu, coba dikasih nutriplus gel aja, sbg pengganti makanannya, bisa dikasih 2cm 3x sehari. Dg nutriplus gel ini bisa bikin nafsu makannya jadi pulih. Sedangkan utk mengatasi mencret, bisa dikasih lacto B. dijual di apotek. Trims.. maaf telat balas. masih belum sempat ol.

      Hapus
  62. Hay.. Saya punya anjing umur 3 bulan.. Belakangan hari ini dia makan nya sedikit.. kadang batuk dan hidung nya berair.. Mata nya agak sedikit ke ungu'an.. Sering mengeluarkan cairan ketika bangun tidur.. Kira kira tindakan apa yang harus saya lakukan .. Dan anjing saya terkena penyakit apa,, kasian udh mulai agak kurus :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas.. kalau batuk dan hidung berair itu dikarenakan doggy sedang kena flu, karena sistem imunnya lagi turun. Biasanya disebabkan karena perubahan cuaca yang sekarng ini sering kali siang panas, lalu sore hujan. Untuk penanganannya, sebaiknya berikan suplemen penunjang nafsu makan dan juga memperkuat sistem imun. Kalau saya sih lebih suka saya kasih nutriplus gel. Karena biasanya klo dikasih itu, nafsu makan jadi bertambah. Dan akhirnya penyakit segera sembuh. Karena di dalamnya juga terdapat nutrisi yang dapat memperkuat sistem imun doggy

      Hapus
  63. Sore, saya mau tanya dong... baru berapa hari yang lalu saya adopsi puppy corgi, hari pertama dia makan df seperti biasa, tetapi setelah saya kasih snack daging2an itu dia ga mau makan df lagi, hanya mau makan snacknya, apa karena saya kasih snacknya itu jadi tidak mau makan df lagi? sudah hampir dua hari ini dia tdk mau makan df, kasian ngeliatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena doggy lebih suka dengan snack daging-dagingan. Makanya dia jadi gak mau makan df. Coba doggy nya dikasih df yang dicampur dengan snack daging-dagingan, untuk penambah rasa, pasti doggy nanti jadi doyan makan df lagi.

      Hapus
  64. Halo.., gukguk sy umur 5 bln. Sdh 3 hari ini ga makan. Trus skr muntah warna kuning, pupnya juga mencret. Bawaannya lemes terus. Kasisn ngeliatnya. Gukguk sy kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo muntah warna kuning itu biasanya karena asam lambungnya naek, tinggal ada busanya ap tidak. kalo mencret coba dikasih lacto B aja. bisa beli di apotek

      Hapus
  65. Halo.. saya punya anjing biasa betina. Udh 3 hari susah jalan. Perut membuncit sdh hmpir sbulan. Sdh sy kurangi makannya tp gmn cranya spy perut nya bsa kmbli ke ukuran normal. Tlg ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mf baru balas, coba si anjing diajak jalan-jalan atau berolah raga, jd perutnya bisa kembali normal. Krn kalo terlalu bnyak makan n kurang gerak, yg ada penyakitnya malah numpuk

      Hapus
  66. haii anjing saya bru 2 bln sering di mandiin skrng sakit batuk klo batuk mengeluarin lendir,obat batuk dan antibiotik apa yg bgs bwt anjing shitsu aq

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo batuknya masih biasa, coba dikasih cuka apel yg raga sari instan ga perlu campur air, utk puppy trah kecil umur 2 bln kasih 1,5 ml, tp klo trah besar puppy kasih 2ml
      rasa asem tp bersifat manis dlm tubuh, dan biasanya dogie rewel minum ini tp harus dipaksa dgn mencekokannya

      Hapus
  67. Hay, aku punya anjing golden umur 3 bulan.. 2 hari ini dia mencret, pertama mencret nya biasa aja, lama kelamaan aku liat jfd ada darah nya.. trus dia agag susah makan juga, tp anjingku nga lesu2 .. itu karna apa ya kira2 ?? Ada kemungkinan ga kena parvo..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo anjingnya nggak lesu, bisa jg bukan parvo. krn parvo bikin anjing jd lesu n demam. tp klo masi biasa, itu biasanya krna efek makanan aj yg bikin jd diare.
      Cara mengatasinya
      Diare Akut
      Langkah yang paling penting dalam mengobati diare akut adalah tidak memberikan makanan apapun selama 24 jam untuk memberikan waktu istirahat bagi saluran pencernaannya. Anjing harus didorong untuk minum air sebanyak yang ia bisa untuk mengurangi dehidrasi. Untuk diare yang terus menerus, pertimbangkan untuk memberikan larutan elektrolit suplemen seperti Pedialyte (untuk mengobati dehidrasi). Meskipun Pedialyte adalah obat yang dibuat untuk manusia, tetapi juga aman digunakan untuk anjing dengan tentunya memperhatikan dosis dan aturan pakai yang diberikan. Encerkan dengan perbandingan 50% pedialyte dan 50% air dan tambahkan ke dalam tempat minum anjing. Hindari mencampurkan pedialyte dengan cairan lain khususnya yang mengandung penambah rasa manis karena hal ini hanya akan memperparah kondisi anjing. Untuk lebih amannya, konsultasikan dengan drh mengenai dosis yang benar.
      Anda bisa juga bisa gunakan minuman olahraga elektrolit untuk anjing, yaitu k9 Thirst Quencher yang memiliki rasa sehingga merangsang anjing untuk minum. Jika anjing tidak juga mau minum larutan elektrolit, makan cukup berikan air tawar. Sepotong kaldu rendah garam yang dilarutkan dalam air juga dapat mendorongnya untuk minum
      Diare akut biasanya akan merespon dalam waktu 24 jam setelah usus istirahat. Mulai berikan makanan yang mudah dicerna, rendah lemak, dan tanpa perasa/hambar/plain. Contohnya ayam dada rebus tanpa kulit, nasi putih, oatmeal masak tawar, atau telur rebus, dll. Berikan makan 3 atau 4 kali sehari dalam porsi kecil untuk dua hari pertama. Lalu secara bertahap ganti makanan tadi dengan makanan sehari-harinya.

      Bawa segera ke dokter hewan jika:
      - Diare berlanjut lebih dari 24 jam
      - Tinja atau feses mengandung darah atau berwarna hitam
      - Diare disertai dengan muntah
      - Anjing kelihatan lemah atau tertekan atau demam

      Diare Kronis

      Langkah pertama adalah menemukan dan mengobati penyebab yang mendasari. Diare yang muncul akibat perubahan dalam makanan bisa dikoreksi dengan kembali pada makanan lama dan kemudian perlahan-lahan mulai disisipi makanan baru untuk menemukan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah lactase deficiency (kondisi kurangnya enzim laktase pada usus kecil yang memicu munculnya diare), maka hilangkan produk susu dari makanan anjing anda, terutama karena produk ini juga tidak dibutuhkan untuk anjing dewasa.

      Diare yang disebabkan karena makan berlebihan (ciri-cirinya tinja besar dan tidak berbentuk) bisa diatasi dengan menyesuaikan makanan yang lebih tepat dengan kebutuhan kalori anjing dan berikan porsi makanan yang sama dalam 3x sehari.

      Diare kronis yang berlangsung terus menerus selama lebih dari 3 minggu memerlukan perawatan dokter hewan.

      Hapus
  68. hai aku punya anjing maltese umur 5th, dia sempet lemes dan mulutnya ngeluarin liur berbusa. diinfus dan di beri obat sama dokter. tapi kemudian dia terus minta air dan tiap minum langsung ngeluarin liur berbusa. doggy saya kenapa ya?bagaimana caranya menyembuhkannya???? trims mohon dibalas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo minta air terus itu karena doggy ngalamin dehidrasi. Coba dikasih air aja gpp, soalnya kalo kekurangan air malah bahaya. Yg pnting obat dr dokter jgn ditinggalin.

      Hapus
  69. dok, saya punya anjing umur 1th .. dri 2hri yg lalu gk mau makan trus kejang-kejang, sudah saya kasih nutrigel tp kejangnya semakin lama semakin intens rentang waktunya .. kira - kira penyebabnya apa ya ?? trus baiknya gimana cara nanganinnya ?? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ud sampai kejang, sebaiknya segera dibawa ke dokter aja. takutnya tambah parah.

      Hapus
  70. misi... dok saya mau tanya, saya baru punya anjing 1pasang shitzhu, pemberian tante umur 2 tahunan. awlnya sih makannya baik, tapi belakangan ini sdh 4 hari yg betina maunya cuma air putih terus, bulu kusam, kurus, dan lemas nggak mau makan. tolong dok bagusnya di beri apa biar dia aktif seperti semula dan sehat kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya itu krn si doggy bosan dg makanannya. Coba dkasi makanan lainnya. Krn ada beberapa anjing yg suka bosan dg makanan yg dikasih. Jd usahakan kdang diganti tp secara bertahap. Krn takutnya kalo lgsung dganti malah jd mencret. N bisa jg coba dikasih vitamin penambah nfsu makan. Kyak nutriplus gel atau craft. Biasanya itu cukup membantu

      Hapus
  71. dok, saya corry dr jakarta barat, anjing saya usia 8 bulan.. nafsu makan berkurang hampir 2 minggu, sekitar.semingguan perutnya membesar seperti kembung kalau disentuh seperti balon yg isinya air.. kalau telinga ditempelkan ke perutnya terdengar bunyi air.. apakah itu termasuk bloat? karena 2 hari lalu dy masih bisa pup. masih bisa lari dan lincah tapi kadang terlihat lesu.. namun peritnya kalau ditekan dia tdk sakit. saya bingung kenapa perutnya semakin membesar. kasihan liatnya :( apakah ada.obatnya? anjing saya sudah setiap hari saya kasih nutri plus gel. sehari sekali, saya kasihnya 2 setengah ruas jari telunjuk saya, apakah bermasalah jika terlalu banyak? terima kasih sebelumnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bloat itu biasanya terjadi pada anjing jenis besar akibat minum yang terlalu cepat dan banyak. Tanda-tandanya adalah perut anjing keras dan membesar, anjing berusaha muntah tapi tidak bisa, anjing gelisah dan tampak sakit/lemas, keluar liur banyak. Kalo bloat cara mengetasinya hanya dibawa ke rs.
      tp klo perutnya membesar n ditekan perutnya ga sakit, itu biasanya krn kebanyakan makanan. Coba dikurangi dulu nutri plus nya, soalnya itu bikin makannya jd makin lahap

      Hapus
  72. Anjing sy campuran pecking pom umur 8bln udh 3 hri ini perut kembung dan susah pup. Sudah sempet panggil dr di suntik ksi vit sm amoxylin.bsk pgi abs suntik pupnya banyak tp setwlah itu sampe skr perutnya msh kembung trus blm pup jg, obat ap buat menhilangkan perut kembung sm biar pupnya normal lg. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau utk perut kembung itu sebenanya karena makanannya ga cocok, bisa juga dapat terjadi saat anjing makan terburu-buru. sehingga saat anjing anda makan terlalu cepat, dia mungkin akan menelan udara (aerophagia) yang pada akhirnya udara tersebut harus menemukan jalan keluar. tapi bisa juga perut kembung yang terus berlanjut bisa jadi efek samping dari obat tertentu dan juga bisa jadi gejala dari masalah kesehatan lainnya.
      Untuk itu coba berikan makanan yang sehat dan konsisten, seperti:
      -Memberi makan anjing dengan makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Lakukan riset kecil untuk menemukan merek apa yang cocok untuk usia, jenis dan pola hidup anjing anda. Hati-hati untuk bahan makanan seperti ash, protein kualitas rendah dan produk jagung yang membuat anjing anda merasa kenyang, tetapi tidak kaya dengan nutrisi. Dan tanyakan kepada dokter hewan anda untuk saran tentang makanan yang baik bagi anjing anda
      -Jangan berikan sisa makanan meja makan sembarangan. Alergi atau sensitifitas terhadap makanan tertentu umum terjadi.
      -Jika anjing dewasa anda adalah pemakan cepat, anda sebaiknya membagi porsi dalam setengah porsi dan biarkan dia makan dua porsi kecil dalam sehari.
      Kenali makanan apa yang membuat anjing anda alergi dan sensitif serta hindari makanan yang dapat dapat menganggu perutnya.
      -Kedelai, kacang polong, kacang-kacangan, produk susu, makanan tinggi lemak dan makanan pedas umumnya terkait dengan perut kembung pada anjing.
      -Beberapa anjing tidak cocok dengan laktosa, jadi sebaiknya hindari produk susu.

      Yg pasti pilih dog food yang seperti ini:
      -Pilih merek dog food yang premium daripada generik atau ekonomi.
      Kandungan Ash rendah atau tidak ada
      -Daging (bukan daging buatan) harus menjadi pertama yang diperhatikan dalam daftar bahan kandungan dog food.
      -Kandungan rendah atau tanpa bahan jagung, tepung jagung atau gandum dan filler yang dapat menimbulkan alergi
      -Kandungan rendah atau tanpa bahan pengawet kimia
      -Asam lemak omega, yang memiliki manfaat kesehatan besar, ada dalam kandungan dog food.

      Hapus
  73. Haloo...anjing saya umur 2bln...sdh 2hr muntahh dAn mencrett baukk amis gt...sdh dibawa dokter disuntik vitamin, anti muntah, antibiotik...dikasih makan dan nutrigel muntah trus. Saya ksh air gula jg muntahh cairan putih busa gt..skrg kondisiny lemas...gmn ya bagussny tolong saranny...

    BalasHapus
  74. Muntah busa putih -> dapat terjadi karena berbagai alasan, beberapa karena masalah ringan dan beberapa bisa jadi karena masalah serius. Penyebab paling umum adalah gangguan perut. biasanya sering terjadi jika anjing meminum air terlalu cepat setelah exercise atau memakan sesuatu yang tidak seharusnya dimakan, seperti rumput atau bahan lainnya yang tidak dapat dimakan. Jika muntah terus terjadi, periksakan ke dokter hewan untuk memastikan anjing kamu tidak menelan sesuatu yang tidak dapat dicerna.

    Muntah busa putih juga bisa disebabkan karena masalah serius seperti perut bengkak, kennel cough, rabies,hepatitis, pankreatitis, diabetes, dan penyakit ginjal.

    Meskipun sebagian besar kasus muntah pada anjing adalah hal yang ringan, jika disertai dengan gejala lain maka itu bisa jadi indikasi penyakit yang serius.

    Tapi, jJika anjing muntah terus-menerus maka ada baiknya puasakan selama sehari penuh, sehingga perut benar-benar bersih. Setelah itu berikan nasi putih Crispies setelah dua hari campur dengan makanan biasa dan barulah hari ketiga diberi makanan yang biasanya.

    Yang pasti perkenalkan secara perlahan, diikuti dengan diet yang bergizi. Menurut kasus diberikan obat antibiotik, antasid, pelindung dari mukosa lambung dapat menghambat muntah.

    Namun jika terus muntah dan tidak minum, anjing bisa mengalami dehidrasi, dan dokter hewan biasanya akan memberikan injeksi obat intravena karena jika anjing muntah terus.

    BalasHapus
  75. Anjing saya muntah warnanya kuning bobotny krh dr 5 kg.sejak muntah anjingnya jdny lemes.obatny apa ya? Makash loch

    BalasHapus
  76. Jika anjing muntah berwarna kuning dan biasanya terjadi tidak lama setelah makan, ini bisa berarti bahwa anjing memiliki kelebihan cairan empedu dan asam lambung. Hal ini bisa diperbaiki dengan memberi makan anjing anda lebih sering dalam jumlah yang lebih sedikit.

    BalasHapus
  77. coba dikasih antasida aja, dikasih 1/8 aja

    BalasHapus
  78. Misi saya mau numpang tanya sudah 3 anaj anjing saya yang mati dengan gejala yang sama, dua diantara nya sudah di vaksin eurican 6. Gejala ny: mata seperti mengantuk, nafsu makan kurang, lemas, keaktifan nurun drastis. Itu sakit apa ya? Dan pas mau mati nya dia susah nafas, berdiri susah, gak makan minum sama sekalu jadi terpaksa di cekok... Tolong pencerahannya buat obat nya dan pencegahan agar anjing lain tidak tertular

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf itu disertai muntah juga ga?

      Hapus
    2. Mba rizki, mau tanya. Anjing sy sains bernard umur 3-4bulan, mencret dan ada cacing nya , sampe2 ga mau makan, apa obat cacing yg cocok untuk anjing sy ? Dan apa butuh vitamin anjing?

      Hapus
    3. maaf baru sempat balas, karna baru sempat online. untuk Saint Bernard yang berat badannya diatas 40 kg atau tepat 40kg, maka maksimum pemberian obat cacing ini adalah 4 tablet dg merek Drontal Plus.Tapi, kalau berat badan dibawah 1 kg , sebaiknya tidak diberikan obat cacing dulu. Bisa dikasih vitamin saja buat penambah nafsu makan, seperti craft atau nutriplus gel saja

      Hapus
  79. Slamat mlm..
    Dok, anjing sy kira2 2-3 bl. Lincah & suka mkn.
    tapi kdg2 kakinya gemetar terutama kaki depan.
    Awalnya sy pikir kedinginan, sy bungkus dgn kain tebal..hilang.
    tapi bbrp x wkt mau kasih mkn, dia kyk gak sabaran ksana kemari, lahap & cpt sx mknnya tapi kakinya gemetaran lagi sampe terduduk gak kuat berdiri. tapi cm sbtr, dia rebahan bbrp menit bangun lagi.
    Anjingku juga gak terlalu suka keluar melewati halaman rmh, biar gak diikat dia gak akan keluar pagar rmh. Kalo sy ajak keluar mau pup..dia ingin cpt2 masuk lagi..pas d luar rumah itu kdg2 dia jg gemetar sampe jatuh. Sy angkat bw masuk. Dianya rebahan, tdk lama bangun lagi lari2..
    Dok, kenapa kaki anjingku gemetar bgtu? Apakah dia sakit, kurang gizi atau apa..?
    Harus kasih obat, vit, atau apa dok?
    terima kasih sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Rasa senang atau semangat bisa membuat anjing bisa gemetar.
      2. Stres atau kecemasan karena entah itu sedang berada di ruang tunggu dokter hewan, salon grooming, dan juga ketika di luar bersama dengan anjing-anjing lain biasanya tubuhnya akan gemetar.
      3. Nyeri seperti nyeri punggung atau nyeri perut, rasa dingin, reaksi obat (terutama selama pemulihan dari anestesi) juga bisa menyebabkan gemetar.
      4. Gagal ginjal kronis, masalah saraf seperti penyakit radang otak atau gangguan kejang dapat menyebabkan gemetar. Penyakit addisonian crisis, yaitu kondisi yang berhubungan dengan kelenjar adrenal yang kurang aktif, bisa juga menyebabkan gemetar pada anjing.
      5. Jika anjing Anda sakit, ia mungkin gemetar dan menahan tegang tubuh Nya. Dia over-exercised dan mungkin cedera kaki?
      6. Jika Anda merasa dingin, mungkin bahwa anjing Anda juga sedikit dingin. Ni bisa juga menjadikan anjing gemetar

      Hapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  81. Doggy saya tiba" aneh pas sore dia tiba" duduk sambil nahan sesuatu, dia baru makan 1x dia disuapin gamau kasih susu cuma diminum 3x terus muntah lendir.
    Pas jam 12 td dia duduk sambil nafasnya cepet gitu, jam 2 dia muntah kuning. Sekarang kayak yg lemes, dia duduk gitu jedanya lama banget kalo mau selonjoran gabiasanya.
    Kalo maag biasa atau masuk angin dikasih susu ato obat maag sembuhh, tp ini gabiasanya
    Kira" kenapa ya? Ty

    BalasHapus
    Balasan


    1. Penyebab anjing muntah :
      Parasit dalam usus
      Cacingan juga termasuk parasit loh, dan ada yang bisa hidup di usus trus bikin muntah deh
      Kelebihan asam lambung
      Bukan cuma manusia aja yang bisa kena maag. Anjing juga bisa! Biasanya ini gara-gara guguknya lagi mogok makan, atau ownernya ngasih makannya kelamaan Kalo ngga ada makanannya, biasanya muntahan berupa cairan agak berbuih kadang warnanya putih bening, kadang warnanya kuning. Nah kalo cairannya kuning, berarti udah tercampur sama asam lambung nih jadi harus waspada, ada kemungkinan radang lambung
      Alergi
      Muntah juga bisa gara-gara makan sesuatu yang anjingnya alergi, jadi awasin terus yaah guguknya makan sembarangan atau ngga.
      Rumput
      Kalo guguknya dilepas dihalaman, atau lagi jalan-jalan trus nemu rumput kadang ada guguk yang suka dimakanin tuh, trus kebanyakan makan rumput *kayak sapi dong* akhirnya muntah deh
      Menelan sesuatu yang bukan makanan
      Namanya juga guguk, mana tau sih kalo selotip rasanya ngga enak
      Makanan manusia
      Makanan yang terlalu banyak lemak, atau gula, atau garam yang diberikan secara rutin bisa bikin muntah loh. Ngga hanya itu, guguknya juga rawan kena penyakit such as diabetes, dll.
      Kebanyakan makan atau minum
      Gara-gara rakus bisa jadi muntah, apalagi kalo makannya kecepetan jadi kesedak trus muntah. biasanya gara-gara makanannya ngga masuk ke pencernaan jadi langsung dikeluarin lg deh
      Sakit
      Muntah juga bisa jadi indikasi kalo guguknya lagi sakit.
      Trus gimana nih pertolongan pertamanya?
      Kalo guguknya sehat-sehat aja, masih lincah, masih lari sana sini, trus tiba-tiba muntah, jangan panik dulu. Langsung kasi minum yang agak banyak biar ngga dehidrasi, kalo guguknya agak lemes bisa kok dikasi air hangat (inget ya hangat bukan panas!) yang dicampur sama madu. Baby suka banget deh kalo udah dikasi madu kalo muntahnya warna kuning, pertolongan pertamanya bisa diberikan obat maag manusia. Dosis obat maagnya tergantung berat badan guguk. Berat badan kurang dari 5kg, cukup kasi 1/4 dari dosis manusia, bobot 6kg sampai 15kg 1/2 dosis manusia, bobot 16kg ke atas dosisnya sama dengan manusia dewasa.
      Kapan harus ke dokter?
      - Muntah lebih dari sekali atau muntah berhari-hari
      - Muntahnya banyak banget dan sering
      - Muntahannya berdarah
      - Diare atau perut kembung
      - Lemah, letih, lesu, kurang bergairah

      Hapus
  82. Saya punya anjing golden umur 2bln lbih .klu dia pidah2 lingkungan nya dan banyak orng yg menyntuh/ bermain itu rentan stres gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maf baru balas ya, selama doggy nya tidak merasa terganggu dan nafsu makannya tetap lahap, g jadi masalah dan ga akan stress. Dan selama yang menyentuh atau bermain tidak berlebihan karena kegemesan, itu pun juga g masalah kok.

      Hapus
  83. Saya punya anjing golden umur 2bln lbih .klu dia pidah2 lingkungan nya dan banyak orng yg menyntuh/ bermain itu rentan stres gak ?

    BalasHapus
  84. Permisi bro/sist saya punya anjing,,anjing saya Sekitar 5bulan umurnya,,sangat aktif,,tetapi blakangan ini sudah 3 hari gak mau makan,,,saya kasian liatnya,,skrang dia sangat kurus lemas dan cuma tdur saja,,sesekali masih menggongong,,kadang juga masih mnum air,,tapi tdak mau makan,,itu kira" kenapa ya? Dan obat yg cocok ap ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah pertama yang harus Anda lakukan saat anjing peliharaan Anda tidak napsu makan adalah menyelidiki penyebab dari munculnya gejala tersebut. Perlu Anda ketahui, penurunan napsu makan secara temporer bisa dianggap normal. Jadi, Anda tidak perlu panik berlebihan jika mendapati tempat makan anjing Anda masih tersisa, karena beberapa faktor alamiah dapat membuat anjing tidak mau makan untuk sementara waktu.
      Namun, jika si anjing menolak makan selama lebih dari 48 jam, Anda patut curiga. Hal ini bisa dianggap sebagai penanda akan adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh anjing Anda. Coba pakai suplemen makanan aja, kayak nutri plus gel. Biasanya doggy lahap makannya kalau pakai itu.

      Hapus
  85. saya punya anjing golden sekitar 1-2 tahun umurnya.. dia aktif banget tp beberpa hari ini ga mau makan dan muntah" trs.. udh dibawa kedokter ga ada perubahan, itu kenapa ya ? takut dehidrasi soalnya :( kalau di kasih air kelapa boleh ga sih ? mohon bantuannya yah

    BalasHapus
  86. karena pada kondisi ini anjing tidak mau makan jadi anjing kekurangan energi sehingga lama2 akan lemas
    langkah awal yg harus dilakukan adalah menyuapinya atau istilahnya "dicekoki" atau dipaksa "secara halus" tp cekoki dengan perasaan ya, jgn terlalu dipaksa
    beri dia sebanyak mungkin cairan karena jika sampai kurang maka anjing akan dehidrasi
    yg diberikan bisa air putih, air madu (air dicampur madu), air gula, air kelapa
    air akan membuat anjing km memiliki kadar cairan yg cukup dan madu / gulan adalah sumber energi
    sedangkan air kelapa juga sumber energi sekaligus merupakan penetralisir terhdap racun
    air madu dan air kelapa bisa mengobati saluran pencernaannya yg misalnya terluka akibat benda tajam seperti tulang
    sebaiknya km beri terapi cairan ini hingga anjingmu pulih atau sambil menunggu dibawa ke dokter hewan, jika tidak mau dibawa ke dokter hewan cb berikan vitamin kompleks dan minyak ikan
    vitamin berguna utk memulihkan kondisi sedangkan minyak ikan membantu memulihkan nafsu makan
    tips : pilih vitamin kompleks yg mengandung perpaduan macam2 vitamin (a b c d e k) serta mineral (zat besi, kalsium, zinc, dll)

    utk jelasnya saya kasi tau
    pagi = berikan air gula + minyak ikan
    siang = berikan air madu
    sore = berikan vitamin
    malam = air kelapa

    sebanernya ga harus gini sih, tp sya bantu biar ga ribet aja. Gitu

    BalasHapus
  87. Veren Trivenna C19 September 2015 03.04

    Aku punya anjing umur 5 bulan belum vaksin dia campuran shitzhu sama pom.
    Bbrpa hari yg lalu ak bawa ke petshop utk di mandikan. Setelah plg dr sna dia kejang2 trs kyak mau muntahin sesuatu tapi yg keluar cairan putih berbusa tp stlah itu dia lincah kembali. 5menit kemudian dia kejang2 lagi dan muntah lagi.
    Itu knpa ya? Apa dia keracunan shampoo pas mandi atau rabies? Atau sakit apa :(
    Tlg ksih tau, klo sakit apa itu menular? Krna ak jg pnya 2 anjing di rumah. Klo menular kasiann.
    Thankyou!!

    BalasHapus
  88. itu karena keracunan shamponya. makanya jadi dimuntahin gitu.

    Penyebab-Penyebab Kejang Pada Anjing

    Racun Lingkungan
    Kita mengasumsikan bahwa barang rumah tangga aman baik bagi manusia dan hewan peliharaan. Bagaimanapun juga, hal ini bukan masalah. Banyak barang rumah tangga yang dapat menyebabkan kejang pada anjing anda. Salah satu contoh yang baik adalah potensi kejang yang disebabkan oleh bahan kimia bernama Organochlorines. Organochlorines umumnya ditemukan dalam beberapa merek obat anti kutu, dan dalam produk yang didesain untuk mengontrol infeksi parasit pada anjing. Bahan kimia lain yang dapat menyebabkan kejang adalah Lead (racun tikus dan cat), Methylxanthines (umumnya ditemukan pada kandungan coklat, dan produk yang mengandung coklat), dan Zinc Phosphate (Zat yang terdapat dalam racun tikus).

    BalasHapus
  89. Maaf..mau tanya. Anjingku sdg skt,awalnya karna berusaha kluar dari pagar rumah yg lebarnya lbh sempit dr ukuran tubuhnya.
    Setelah itu dia kehilangan nafsu makan,bhkan skr lemas sekali. Nafasnya pun tersengal sengal dan panas. Dia jg g byk minum..kalo ga dipaksa.
    Bisa minta saran? Dlm 3 hari berat badannya turun..kelihatan kurus sekali. Apa yg harus sy lakukan sbg pertolongan pertama. Terimakasih

    BalasHapus
  90. cobalah untuk memberinya air minum sedikit demi sedikit agar cairan didalam tubuhnya tetap terjaga, tetapi jangan memaksa anjing anda untuk minum.

    Jangan pernah memberikan anjing anda obat manusia untuk menurunkan demam tersebut, seperti acetaminophen atau aspirin karena mereka beracun untuk anjing dan dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan kematian

    Berilah susu untuk meningkatkan nilai gizi, jika perlu pemberian madu sangat disarankan. Madu dan susu berguna untuk meningkatkan stamina anjing.

    Beri kompres di beberapa bagian tubuh, dengan cara meletakan kain basah disekitar tubuh anjing.
    Untuk kasus panas demam karena adanya infeksi bakteri, maka pemberian suport terapi dan antibiotik yang sesuai sangat dianjurkan.Tetapi untuk kasus demam karena trombositopenia, pengunaan antibiotik harus dibawah pengawasan yang ketat, ada beberapa jenis antibiotik yang tidak boleh digunakan pada saat terjadi kondisi trombositopenia. Karena kesalahan dalam mengunakan antibiotik akan memperparah keadaan

    BalasHapus
  91. Maaf mau nanya anjing saya usia 1 tahun dan sekarang tidak mau makan ....mulutnya kadang ileran bening dan kadang ada busa ptih.... sekarang jadi pendiam.... kalau di kasih makan sesuatu, anjingnya mau makan tapi kelihatannya mulutnya ga mau ngunyah hanya mau nelan aja....kelihatannya seperti sariawan atau sakit gigi...mulutnya juga jadi bau....saya paksakan makan tapi sepertinya ga bisa ngunyah.... ada apoa ya.... terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu muntah gak? kalau busa bening itu karena perutnya kosong. jadi asam lambungnya naik. trus kalau berkurangnya nafsu makan busa ini untuk pertolongan pertama anda boleh coba berikan madu sebagai supplemen.

      Hapus
    2. Dokter..... anjingnya muntah kuning....dan sudah meninggal (perempuan).... ini yg anijing laki laki juga sepertinya sama......gusinya seperti sariawan....dan ga mau makan....maunya minum aja... madunya sudah saya kasih... apakah kena virus atau bagaimana ya....? oh. iya....kaki kananya kayak kram lagi....ga mau jalan pake kaki kanan....padahal di punggungnya ada sedikit borok dan di kasih obat luar....mungkin obatnya di jilatin dan di makan kali ya..... Terima kasih...

      Hapus
    3. Maaf mau nanya lagi....sekarang anjing saya jalannya ngesot....kalau kemarin-kemarin kaki kirinya yg di angkat ga mau di pake jalan...besoknya kaki kanannya dan sekarang kaki belakangnya ga di pake jalan....itu gejala perubahan cuaca atau gimana ya.... saya sudah kasih madu dan anti biotik....tapi mulutnya masih suka di gesek gesek ke keset.... apakah sariawan atau ada penyakit lain ya....setiap hari saya hanya bisa nyuapin dia makan........pagi di kasih anti biotik dan rebusan air daun sirih...siang kasih madu dan suapin dia makan..... sore/malam anti biotik dan suapin dia makan lagi... anti biotiknya amoksisilin....500 mg di bagi 4..... terima kasih..... mohon kalau ada obat lain/ saran yg lain lagi.... Thanks.

      Hapus
    4. kalau untuk kakinya jd ngesot itu karena faktor gizi, massa otot pinggul, dan bisa juga karena berat badannya. Coba dikasih obat anti inflamasi (anti peradangan) dulu supaya nanti bisa jalan normal lagi. Tapi kalau masih gagal, sebaiknya langsung di bawa ke dokter terdekat saja. Terima kasih

      Hapus
  92. permisi saya mau tanya, kenapa anjing saya tiba2 seperti ketakuan? dipanggil2 tidak ada respon dan hanya melihat saja, tidak mau masuk rumah ,cuman digarasai, tidak mau makan, terus jalannya kadang mundur sampe nabrak2 barang yg ada dibelakangnya. kenapa ya? saya jadi khawatir. biasanya tidak seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar anjing anda sedang mengalami stress. maka dari itulah, terapi untuk anjing yg sedang ketakutan itu bisa anda lakukan dengan membawanya jalan-jalan. Namun cara sederhana seperti memberikan pijatan yang nyaman juga bisa membuat anjing lebih santai serta menguatkan ikatan antara majikan dan hewan peliharaan.

      Hapus
  93. Hai sya putu anjing sya puppy mix shihtzu, kmrin2 mau makan makannya hati direbus aja trus kmarin tiba2 ga mau makan sya kasi obat cacing trus udah 2 hari smpai skrg ga bab perutnya kebung kalau makan mau tapi dikit2 kalau kencing si masih mau tpi warna urine nya kuning, tolong di bantu cara biar bisa sehat lagi

    BalasHapus
  94. itu karena puppy nya sedang dehidrasi dan kurang minum, makanya susah bab dan air kencingnya berwarna kuning. kalau soal perut kembung itu biasanya karena pola makannya. Coba hindari memberi makan dogfood kering yang kandungan lemaknya tertera diantara 4 baris pertama dalam daftar label ingredient. Coba dikasih makan setidaknya dua kali sehari, dengan porsi sedikit-sedikit sampai beberapa kali.

    BalasHapus
  95. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  96. Bang, anjing saya malamute umur 2 1/2 bulan. Waktu pertama dibawa kerumah umurnya 1 1/2 bulan. Awalnya kaki belakang masih ga bisa jalan klo jalan kakinya masih gemetar. Trus 2 minggu kemarin kena virus modex terus sering dimandiin sampe sekarang (setelah mandi dikasih minyak tawon) awal kena virus masih bisa jalan tp klo lari kaki belakang kaya kelinci tp sekarang malah demam terus kalo jalan kaki belakangnya setengah mati buat jalan malah lebih sering baring dia. Nafsu makannya baik, dia belum divaksin juga.

    BalasHapus
  97. kalau nafsu makannya baik, itu artinya tidak apa-apa.Karena yg pasti nutrisinya harus tetap terjaga. Tapi kalau sekrang masih demam, mending jangan sampai telat ngasih air minumnya. karena nanti kalau sampai telat bisa dehidrasi dan panasnya makin meningkat. terima kasih

    BalasHapus
  98. Anjing sy sdh 2 hr tdk mau makan, lemas dan perutnya bunyi2 trus, minum sedikit. sakit apa ya ? dan dikasih obat apa? sy tinggal di belitung dan di sini tdk ada dokter hewan yg ada cuma pet shop aja, terima kasih.

    BalasHapus
  99. Coba dikasih jenis makanan yang mengandung berbagai jenis protein,seperti Weles Mini Bread Comprehensive Flavor, hal ini mencegah mereka merasa bosan. Tambahkan juga suplemen untuk menjaga kadar vitamin dan mineralnya. Hindari bahan-bahan yang dapat memproduksi gas yang berlebihan seperti, kedelai, susu, kacang-kacangan dan buah karena itu bisa bikin perutnya tambah bermasalah. Yg penting jangan sampai dehidrasi. karena nanti bisa demam.

    BalasHapus
  100. Anjingku umurnya 5 bulan. Sore dia masih normal dan sehat2 aja. Malam, sehabis makan dia tidur dan tiba2 nangis.. Pas aq liat perutnya ngembang, jd kaya balon gitu dan bunyi2.. Aq browse dan katanya itu kembung, lambungnya ngembang dan bergeser tempat. Pertolongan pertama ide pacar aq adalah tusuk pantat nya pake sabun mandi yg diruncingkan. Sehabis itu dy lgsg poop, Tp perutnya masih gembung. Tusuk sekali lg, dan ga lama kemudian dy poop lg. Voilaaaaaaa, perutnya pun kempes..
    Sekarang Balé ku sehat lg..

    Cuma mau share aja, buat pertolongan pertama sebelum ke dokter..

    BalasHapus
  101. Makasih ya, karena udah di share..

    BalasHapus
  102. Malam..slm kenal..anjing saya bbrp hari ini batuk2,sdh dikasih obat dr dokter,sdh gak batuk lagi. Tapi hari ini tingkahnya gak seperti biasanya. Dia selalu mengantuk dlm posisi berdiri,bahkan sampai terjatuh,berulang2 begitu. Slma ini gak pernah gitu. Sy sdh coba buat dia dlm posisi tidur seperti biasa,dia nurut,tapi gak brp lama kemudian bangun lagi,brdiri lagi,dan ngantuk lagi. Sy jadi cemas. Itu knp ya? Sakit apa ya? Solusi/obatnya apa ya? Makasih buat share nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas. Itu gpp kok. cuma efek obat saja, makanya jadi gitu.

      Hapus
  103. dok anjing saya 4 hari yang lalu keluar rumah tanpa kita ketahui
    tb2 dia plg ke rmh lari2 seperti ketakutan
    setelah itu dia di ajak keluar rumah juga tidak mau kalau tidak ada temannya(papa)
    setelah kejadian tersebut dia tidak mau makan selama 4 hari ini
    anjing saya jadi kurus banget
    tidak seperti biasanya kalau makan lahap sekali
    kira2 apa obatnya ya dok agar anjing saya bisa aktif & mau makan lagi
    dia juga muntah berwarna kuning tp tidak sering muntahnya

    mohon bantuannya yaa dok
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau muntahnya itu karena itu efek asam lambungnya naik. karena telat makan. Dan kalau soal jadi aneh itu karena stres. coba kalau masih muntah, dikasih antasida saja, dg ukuran 1/8 aja.

      Hapus
  104. Dok mau tanya saya punya puppies herder umur 2bln , baru 1 minggu beli dia aktf banget dia d simpen dlm rmh , pas kmren" tibatiba si dogi jdi lemes banget ga nafsu makan tdur trus jalan juga lemes , terus terdapat luka di badanya seperti borok/buduk gituu , saya kasih imbus force dan di kasih sosis sapi baru mau makan ti dogfood ga mau , itu kira" knp ya dok? Trimakasih banget sebelumnyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena efek dari badannya yang memang sedang tidak enak, jadi efeknya juga jadi nafsu makannya bermasalah. Dan bikin pilih2 makanan. coba dikasih multivitamin seperti nutri-plus gel.Itu ampuh bikin puppies yang awalnya lemes karena ga enak badan dan hilang nafsu makan, jadi doyan makan.

      Hapus
  105. aku punya anjing shih tzu usia 2tahun.
    kemarin aku bawa ke petshop aku cukur botak bulu nya karna bulunya banyak yg kusut.
    stelah pulanh dari petshop tingkahnya jadi aneh, jadi slalu ngumpet di kolong kursi, tabrak-tabrakin diri ke benda yg ada di sekitarnya, terus setiap mau tidur selalu duduk lagi kaget.
    ini kenapa ya anjing ku?
    dan gimana cara mulihinnya? tolong bantu jawab plis:( trimakasih

    BalasHapus
  106. aku punya anjing shih tzu usia 2tahun.
    kemarin aku bawa ke petshop aku cukur botak bulu nya karna bulunya banyak yg kusut.
    stelah pulanh dari petshop tingkahnya jadi aneh, jadi slalu ngumpet di kolong kursi, tabrak-tabrakin diri ke benda yg ada di sekitarnya, terus setiap mau tidur selalu duduk lagi kaget.
    ini kenapa ya anjing ku?
    dan gimana cara mulihinnya? tolong bantu jawab plis:( trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena dia belum adaptasi dengan bulunya. Tapi nanti lambat laun akan pulih lagi kok. Soalnya dia masih kaget dengan bulunya yang baru. Coba diajakin main aja. Dideketin, jadi nanti biar pulih dengan sendirinya. Karena kenyamanan itu penting.

      Hapus
  107. Dok, saya punya anjing red poodle 5bulan, kenapa ya tiap saya pakaikan tali yg di jual di petshop untuk jalan2 di badannya dia selalu duduk dan gamau jalan? Udah saya pangil dia tetep diem aja. Padahal kalo di lepas dia aktif banget. Gimana ya dok cara supaya dia terbiasa di ikat? Saya mau ajak jalan2 soalnya.. Makasih

    BalasHapus
  108. coba dipancing pakai makanan kesukaannya aja. Jadi kalau pas dikasih tali, itu dikasih makanan. Tapi, kalau pas lagi gak ditali, gak usah dikasih makanan. Bila perlu dibelai juga. Karena binatang itu biasanya akan nurut lewat makanan dan rasa nyaman. Karena yang dipikirannya hanya makanan dan nyaman.

    BalasHapus
  109. halo dok.. maaf saya mau tanya, anjing saya umur 3 bulanan tiba2 gak nafsu makan. gak mau minum air. dikasih susu juga gak mau. air liurnya berbusa dan berbau menyengat.
    gimana caranya ya dok biar anjingnya mau makan lahap dan liurnya nggak berbusa lagi. thank u dok.

    BalasHapus
  110. apakah anjing mengalami gejala seperti ini?
    Gejalanya diawali muntah – muntah, demam, depresi, merasa haus, tak bersemanagat, diare, mulut berbau tidak enak, selaput lendir mata berwarna putih hingga kulit seluruh tubuh berwarna kuning? Biasanya pembawa penyakit ini adalah parasit yang biasa terdapat pada air kencing tikus. Anjing yang dicurigai menderita sakit ini sebaiknya dikarantina, jangan dijadikan satu dengan anjing yang lain, karena bisa menular. Kalau untuk susah makan, bisa dicoba dikasih daging segar, atau suplemen seperti nutri plus gel untuk membuat makannnya jadi lahab. Biasanya ketika dibuka, anjing akan langsung suka dengan baunya. Sedangkan untuk pengobatannya, bisa dilakukan dengan cara dikasih ampicillin. Itu untuk membunuh kuman leptospira. Sedangkan untuk anjing yang diare, bisa dikasih obat mencret. Sedangkan yang dehidrasi karena tidak mau minum, bisa dikasih cairan melalui subcutan (di bawah kulit) atau melalui infus. Tapi lebih amannya lagi, segera bawa ke dokter. Karena ini bisa menular. Dan bisa mematikan, bila memang benar gejalanya seperti yang saya sebutkan tadi.

    BalasHapus
  111. mlam dok, sya mau tanya. anjing saya umurnya 2 bulan. Sebelumnya anjing saya sehat dan aktif sekali. setelah sya titip ke teman anjing sya sakit dan tidak mau makan. Beratnya turun drastis. Stelah kasih obat cacing, cacingnya keluar tapi sampai sekarang anjing saya masih malas makan dan diare trus sudah 4 hari. sampai sekarng anjing saya masih lemas dokter dan tahi matanya banyak. Bagaimna cara menanganinya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengobati diare akut adalah tidak memberikan makanan apapun selama 24 jam untuk memberikan waktu istirahat bagi saluran pencernaannya. Anjing harus didorong untuk minum air sebanyak yang ia bisa untuk mengurangi dehidrasi. Supaya tidak dehidrasi akibat dari diare,gunakan minuman olahraga elektrolit untuk anjing, yaitu k9 Thirst Quencher yang memiliki rasa sehingga merangsang anjing untuk minum. Jika anjing tidak juga mau minum larutan elektrolit, makan cukup berikan air tawar. Sepotong kaldu rendah garam yang dilarutkan dalam air juga dapat mendorongnya untuk minum. Diare akut biasanya akan merespon dalam waktu 24 jam setelah usus istirahat. Mulai berikan makanan yang mudah dicerna, rendah lemak, dan tanpa perasa/hambar/plain. Contohnya ayam dada rebus tanpa kulit, nasi putih, oatmeal masak tawar, atau telur rebus, dll. Berikan makan 3 atau 4 kali sehari dalam porsi kecil untuk dua hari pertama. Lalu secara bertahap ganti makanan tadi dengan makanan sehari-harinya

      Hapus
    2. Bawa segera ke dokter hewan jika:
      - Diare berlanjut lebih dari 24 jam
      - Tinja atau feses mengandung darah atau berwarna hitam
      - Diare disertai dengan muntah
      - Anjing kelihatan lemah atau tertekan atau demam

      Hapus
    3. kalau memang sakit mata, dikasik aja salep mata, sm kayak manusia, misalnya merk cendocitrol, tapi beli aja yg generik.

      Hapus
  112. Tapi kalau sudah diberi obat cacing berkali kali tetap saja, itu berarti ada infeksi, karena itu tidak selalu karena cacingan, kemungkinan ada masalah di Pernafasan atau telingan, ingat THT, semua berhubungan, jadi jangan dipastikan cacingan, tetapi obati dulu dgn obat cacing yang patent, dan beri cimicytin atau antibiotic suntik lebih baik dan cepat.atau segera saja dibawa ke dokter saja

    BalasHapus
  113. Selamat siang dok,

    Saya punya anjing mini pom, anjing saya itu aktif dan gak bisa diam tetapi satu minggu ini dia gak nafsu makan, badannya makin kurus, muntah muntah, anjingnya tidur melulu lalu saya kasih obat cacing comabtrine sama obat nafsu makan tapi tetep masih begitu kemudain saya bawa ke dokter dan dokternya hanya memberikan obat untuk muntah dan beberapa obat untuk siang dan malam setelah makan dan menunggu hasilnya jika anjingnya buang air berdarah maka sakit parah, tetapi setelah saya kasih obat tersebut tiga hari berturut turut anjingnya semakin kurus, tetap tidak nafsu makan, tidak buang air besar juga selama berhari-hari, dan kulit tubuhnya jadi menguning

    Tolong dibantu donk sarannya karena saya takut anjing saya semakin parah

    Terima kasih -sarah-

    BalasHapus
  114. Dan anjing saya juga bulunya sangat rontok dok, tetapi anjing saya masih mau minum dan masih kencing, mohon dibantu sarannya segera dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjing tidak buang air besar karena dia kemarin tidak makan yang cukup, makanya jadi tidak buang air besar dan hanya kencing saja. Karena masih mau minum. Nah, mumpung masih mau minum, sebaiknya jangan sampai telat saja. Biar g dehidrasi. Karena nanti kalau kekurangan cairan, anjingnya bisa kena demam. Setidaknya coba dikasih suplemen biar semangat makan. Seperti craft. Kan baunya menyengat, jadi biasanya anjing akan suka. Atau bisa dengan dikasih nutri plus gel

      Hapus
    2. bisa juga dikasih oatmeal. Untuk minumnya dikasih elektrolit supaya tidak dehidrasi

      Hapus
  115. Malam dokter, mau tny apakah oatmeal boleh diberikan tiap hari. Kl boleh brp sendok porsinya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oatmeal itu bagus kok. Nutrisinya malah bagus sekali. Untuk membuat anjing bisa terhindar masalah pencernaan karena banyak seratnya. Bahkan ketika anjing gatalpun bisa diobati dengan oat. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan daging rendah lemak seperti ayam, kalkun atau daging cincang yang telah direbus dengan perbandingan 1 untuk daging dan 2 untuk oatmeal.

      Hapus
    2. Tks utk pnjlsnys dr. Sy mau tny lg sblm2nya anjing sy diberi makan nasi plus ayam digoreng. Tp stlh sy ke drh utk vaksin dianjurkan diberi ayam rebus jng goreng. Jd skrng sy ksh ayam rebus tanpa nasi. Itupun hrs dicekokin ke mulutnya dulu. kecenderungannya lbh suka tulang ketimbang dagingnya dan anjing sy susah skli makannya spt g ada napsu makan. Yg sy ingin tny boleh gak anjing makan nasi, lalu bgmn cr meningkatkan selera makannya. Krn sy kuatir perutnya sering bunyi spt angin dan skrng pupnya bs 2 hari sekali. Tks dr

      Hapus
    3. anjing boleh makan nasi, karena anjing bisa mencerna nasi dan tetap memerlukan karbohidrat,walau kalau dia makan daging utuh tanpa campran apapun juga sehat.. cuma kantong kita yang sakit :p tapi tetap aja dia harus dikasih daging,kalau engga dia ga akan nafsu makan dan ga mau makan..,sayur juga dibutuhin untuk serat,tapi dikit aja.. ga bener2 ko.. buah juga boleh kalau anjingnya doyan.. sehat ko.. trus bedanya sama omnivora pa dong? kalau kita ga ada makanan makan sayur doang juga jadi,tapi kalau anjing harus ditipu duu (ditutupin pake daging,ds kecuali kebetulan dapet anjing rakus kaya anjing saya apa juga dimakan) tapi tetep aja memang struktur tubuhnya itu karbohidrat.

      orang2 tidak setuju memberi makan pada anjing mereka karena biasanya anjing mereka anjing show/anjing mahal (ras,walau sebagian tetap kasih nasi) karena hasilnya ga akan maksimal, anjing tetap sehat tapi ga akan sekinclong anjing hasil makanan kualitas DF premium/holistic

      kenapa DF lebih disarankan?karena DF yang berkualitas itu memenuhi semua yang dibutuhkan anjing,kalau nasi sama daging doank hasilnya ga akan bagus (maksudnya maksimal,dari ukuran,bulu,tulang,dll) dan memang sudah diteliti sama pakar2 ahli anjing tentang semua nutrisi yang dibutuhkan,tidak kurang dan tidak berlebihan.

      Hapus
    4. Kalau untuk meningkatkan nafsu makannya, bisa dikasih vitamin khusus penambah nafsu makan. Dan jangan terlalu memanjakan anjing, jadi beri dia jadwal puasa sehari penuh setiap minggu. Jangan beri makan dalam satu hari, beri minuman saja. coba untuk menghentikan dulu pemberian camilan atau kudapandan jangan terlalu memperkenalkan rasa pada anjing, karena akan mengurangi selera makan jika diberi dog food kering. Kalau bisa, ajaklah anjing beraktivitas atau olahraga secara teratur 1 jam sebelum jadwal makan. Sehingga anjing akan lebih doyan makan.

      Hapus