Rabu, 08 Agustus 2012

Penyebab dan cara mengatasi anjing susah makan


Untuk penggemar anjing, pasti bakal bingung bange kalo liat anjing pliaraannya gag mau makan. Soalnya, kalo dibiarin terus-menerus, ni bisa bikin anjing jadi kurus n sakit.

Trus, gimana nih?

Ya, sebelum kita atasi, kita cari dulu kenapa nafsu makan anjing berkurang. Beberapa di antara penyebab nafsu makan anjing berkurang adalah:

  1. Anjing hanya dipelihara sendiri, tidak punya teman sehingga tidak adanya daya saing. 
  2. Anjing yang baru tiba dirumah barunya langsung diberi makan (baca artikel: Tips merawat anjing yang baru dibeli). 
  3. Anjing mempunyai masalah dengan pencernaan, seperti: cacingan,kembung atau maag. 
  4. Anjing masih dalam kondisi sakit atau stress. 
  5. Anjing terlalu dimanja. 
  6. Anjing terlalu sering diberi cemilan atau kudapan. 
  7. Jadwal dan porsi makan yang tidak teratur. 
  8. Aktifitas kurang. 
Jadi, jika anjing anda ga da gairah makan, maka ada baiknya langkah yang harus diambil adalah:

  1. Pelihara lebih dari 1 ekor anjing, sehingga ada teman untuk bermain dan saling berkompetisi. Semua anjing harus makan bersama-sama sehingga membuat anjing takut temannya akan merampas makanannya. Sehingga anjing akan berlomba untuk menghabiskan makanannya. 
  2. Jangan beri makan anjing dalam waktu minimal 6 jam, pada saat anjing baru tiba dirumah. 
  3. Berikan obat cacing secara berkala. 
  4. Jika anjing dalam kondisi sakit atau stress. Usahakan , disembuhkan secara total. Selama sakit, anjing diberi makan vitamin khusus penambah nafsu makan. 
  5. Jangan terlalu memanjakan anjing anda. Beri dia jadwal puasa sehari penuh setiap minggu. Jangan beri makan dalam satu hari, hanya diberi air minum saja. 
  6. Hentikan pemberian cemilan atau kudapan. Jangan terlalu memperkenalkan rasa pada anjing, karena akan mengurangi selera makan jika diberi dog food kering. 
  7. Buat jadwal makan secara teratur. Anjing anakan sampai umur 3 bulan, makan 4 kali sehari, beri jarak waktu sekitar 4-5 jam. Untuk anjing diatas umur 3 bulan , makan 3 kali dengan jarak waktu 6-7 jam. Untuk anjing diatas 6 bulan, makan 2 kali dengan jarak waktu 12 jam. Berikan waktu sekitar 20 menit untuk anjing menghabiskan makanannya. Jika belum habis setelah 20 menit, segera angkat dan jangan diberikan lagi sampai jadwal makan berikutnya. 
  8. Olahragakan anjing secara teratur 1 jam sebelum jadwal makan. 
Jika sudah, lakukan hal berikut untuk memulihkan nafsu makan anjing: 
 
Hari ke 1 : Anjing dipuasakan , jangan diberi makan sedikitpun dalam waktu 24 jam. 

Hari ke 2-4: Berikan anjing makan dengan porsi ¼ dari porsi makan biasa. Beri waktu 20 menit, jika tidak habis segera diangkat. 

Hari ke 5-6 : Bila pada hari ke 2 – 4 anjing sudah menghabiskan porsi makannya, porsi makan boleh ditambah ¼ porsi lagi. Jika tidak , tetap berikan ¼ porsi. 

Hari ke 7 : Anjing dipuasakan lagi. 

Hari ke 8-13 : Tambah porsi makan hingga ¾ porsi makan seharusnya. 

Hari ke 14 : Anjing dipuasakan lagi. 

Hari ke 15 : Berikan makan dengan 1 porsi. 

Selanjutnya tiap hari ke 7 anjing dipuasakan.

Note: 
  
Tapi ingat! Terapi ini hanya buleh diterapkan pada anjing dalam keadaan sehat. Jika anjing dalam keadaan sakit, jangan lakukan.Selain itu, setiap hari anjing harus diberikan vitamin penambah nafsu makan.Dan jangan memakai patokan porsi yang tertera pada packing dog food karena setiap anjing berbeda kebutuhannya. 


http://www.anjingkita.com/wmview.php?ArtID=316

40 komentar:

  1. Bagaimana cara yg tepat untuk puppy (2bulan) yg mengalami kembung? Tanda2 dia cacingan /sakit maag seoerti apa? Terima kasih..

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mengurangi perut kembung pada anjing anda
    Hal pertama: apakah anjing anda menunjukkan gejala-gejala penyakit? Jika iya, anjing anda harus dibawa ke dokter hewan sebelum anda berusaha untuk mengatasi sendiri perut kembung pada anjing anda. Tanda-tanda seperti diare, muntah dan kehilangan nafsu makan disertai dengan perut kembung dapat berarti adanya masalah pada saluran gastrointestinal. Meskipun anjing anda menunjukkan gejala penyakit lain yang sepertinya tidak berhubungan dengan perut kembungnya, anda harus tetap membawanya ke dokter hewan sebelum mengganti makanannya ataupun pengobatannya.

    Jika anjing anda terlihat baik-baik saja disamping gas tersebut, langkah selanjutnya adalah memastikan anjing anda sehat secara keseluruhan. Semua anjing harus diuji kesehatannya oleh dokter hewan setiap 6-12 bulan sekali. Jika anjing anda telah mengunjungi dokter hewan selama 6-12 bulan terakhir dan tidak ditemukan adanya masalah kesehatan apapun, maka bagus. Jika tidak, lebih baik anda membuat janji untuk bertemu dokter hewan sebelum anda mengatasi perut kembung pada anjing anda sendiri.

    Jika anjing anda terlihat sehat secara keseluruhan, maka hal-hal berikut ini yang dapat anda rubah sebagai usaha untuk melancarkan keluarnya gas yang terdapat didalam perutnya:

    Ubahlah makanan anjing anda. Makanan anjing yang anda berikan dapat mengakibatkan produksi gas yang berlebihan pada anjing anda. Jika anda memberikan anjing anda makanan berkualitas rendah “ekonomis” makanan yang penuh dengan ‘fillers’ atau makanan yang terbuat dari jagung dan makanan ‘by-products’ atau makanan yang terbuat dari olahan organ-organ yang tidak dimakan oleh manusia, cobalah untuk merubah makanan tersebut dengan kualitas makanan yang lebih baik yang terbuat dari kesulurahan bahan makanan. Cobalah makanan anjing yang natural (alami), holistic. Anda juga bisa mempertimbangkan makanan homemade. Hindari bahan-bahan yang dapat memproduksi gas yang berlebihan seperti, kedelai, susu, kacang-kacangan dan buah.
    Perlambat cara makan anjing anda. Anda dapat memberi makan anjing anda dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering dalam sehari, atau gunakan mangkok makan yang secara khusus didesain untuk memperlambat cara makan anjing anda.
    Cobalah probiotik. Ketika keuntungan dari probiotik menjadi perdebatan diantara pakar professional, namun tentu saja hal tersebut tidak membahayakan jika anda mencoba untuk menambahkan bakteri baik kedalam saluran gastrointestinal anjing anda. Pastikan anda menggunakan probiotik berkualitas tinggi yang cocok untuk anjing anda. Tanyakanlah pada dokter hewan anda untuk merekomendasikannya.
    Cobalah suplemen makanan. Penggunaan Yucca schidigera atau asetat Zinc telah banyak diketahui dapat mengurangi bau gas, tetapi bukan gas tersebut. Arang aktif juga diketahui dapat mengurangi bau gas. Sebelum anda mulai memberikan anjing anda suplemen, pastikan memilih produk yang dapat digunakan/ditujukan untuk digunakan pada anjing.


    Ketika anda memutuskan untuk merubah salah satu diatas, pastikan untuk mencoba satu pilihan dalam satu waktu untuk memastikan cara mana yang dapat berkerja dengan baik. Jika tidak ada satupun yang bekerja, anda dapat mencoba menggabungkan beberapa cara pada satu waktu. Ingatlah, jika pada suatu saat terjadi diare, muntah, kehilangan nafsu makan atau gejala-gejala penyakit lainnya pada anjing anda, anda harus membawanya ke dokter hewan.

    Ketika anda menunggu cara-cara diatas berkerja, satu cara yang mudah untuk mengurangi gas pada anjing anda adalah dengan cara berolahraga. Berjalan-jalan 30 menit setelah anjing anda makan dapat membantu mengeluarkan gas-gas tersebut lebih cepat, biarkan anjing anda mengeluarkan gas tersebut diluar rumah dimana bau gas tersebut lebih tidak jelas berbau.

    BalasHapus
  3. Berikut adalah 11 gejala yang paling umum bagi anjing cacingan:

    1. Anjing Batuk
    Salah satu gejala stadium lanjut dari cacing hati pada seekor anjing adalah batuk demikian pula cacing tambang dan cacing gelang .

    2. Anjing Muntah
    Anjing yang cacingan akan sering muntah. Cacing gelang kadang-kadang bisa muncul dalam muntahan anjing.

    3. Anjing diare
    Tinja lunak dan diare anjing dapat menjadi hasil dari cacingan. Disamping diarea anjing yang terkena cacing tambang kotoran mereka berdarah.

    4. Rendah Energi Anjing
    Anjing yang kelihtan lesu dan kurang aktif dari normal menunjukkan gejala cacingan.6. Perubahan nafsu makan
    Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam nafsu makan anjing, ia mungkin telah cacingan dalam kontak dengan cacing gelang. Anjing yang terinfeksi sering kehilangan nafsu makan mereka. Karena cacing terus mencuri nutrisi anjing akibatnya anjing yang cacingan tersebut akan menunjukkan peningkatan nafsu makan dan kelaparan.Jika Anda menduga bahwa anjing cacingan segera bawa kedokter hewan anda terdekat .
    5. Perut gendut
    Jika anjing anda perut meggendut atau kembung memungkinkan telah terjangkit cacingan. Hal ini umumnya terjadi pada anak anjing yang telah terjangkit cacingan dari ibu mereka.


    6. Perubahan nafsu makan
    Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam nafsu makan anjing, ia mungkin telah cacingan dalam kontak dengan cacing gelang. Anjing yang terinfeksi sering kehilangan nafsu makan mereka. Karena cacing terus mencuri nutrisi anjing akibatnya anjing yang cacingan tersebut akan menunjukkan peningkatan nafsu makan dan kelaparan.

    7. Berat badan turun drastis
    Anjing anda menunjukkan tanda-tanda penurunan berat badan yang cepat, ia mungkin cacingan cacing pita atau cacing cambuk

    8. Bulu kusam tidak bercahaya dan bersinar
    Seekor anjing yang sehat harus memiliki bulu tebal mengkilap. Jika bulul anjing Anda mulai kusam dan kering, ia mungkin telah cacingan termasuk kehilangan bulu atau muncul bintik bintik dapat juga berarti cacing.

    9. Gatal gatal dan Iritasi Kulit
    Anjing yang menunjukkan tanda-tanda iritasi kulit sudah terekna cacingan berat.

    10. Menggaruk-garuk dan menggeser-geser pantat
    Sering dapat disebabkan oleh masalah dengan kelenjar dubur, anjing cacingan kadang-kadang akan menggosok ujung belakang mereka di lantai dalam rangka untuk membebaskan diri dari gatal karena cacing berda di daerah tersebut.


    11. Cacing terlihat di Bulu atau tinja
    Beberapa cacing, seperti cacing pita dapat muncul yang bergerak di segmen bulu atau daerah sekitar anus anjing. Cacing gelang sering terlihat dalam kotoran anjing.Jika tidak diobati, cacing dapat merusak organ internal anjing dan akibatnya anjing akan sering pingsan dan kematian

    BalasHapus
  4. Gejala anjing maag:
    1. Anjing hilang nafsu makan dan berat badan
    2. Diare
    3. Lemah
    4. Lesu
    5. Kusam pada bulu anjing

    BalasHapus
  5. Dikasih minyak ikan untuk menambah nasfu mkannya bisa nggak ? sama kasih tau porsinya dong.. anjing aku beagle mix tekel 4 bulan..

    BalasHapus
  6. Iya boleh kok.. dikasih minyak ikan juga bisa. cukup dikasih 1 biji aja ke tempat makannya. Tp gak perlu dipecah. Ntar juga di makan ndiri. Atau klo kamu ga' sabar, bisa langsung dikasih ke mulut anjing kamu :D gitu

    BalasHapus
  7. hai boleh nanya? aku punya anjing golden baru 2 bulan, nah waktu pertama kali dateng dirumah, anjingku dikasi susu sedikit, trus 2 harinya dia lemes gak mau makan dan diare, terpaksa aku kasi susu dengan paksa tp sedikit2, dan dia jg sering tidur, gimana ya cara nambah nafsu makannya?

    BalasHapus
  8. Gini, sebenarnya dikasih susu itu boleh2 aja. Cuma kalo gak tawar, susu emang bikin dare. Jadi mending kalo anjingnya pas dikasih susu itu jadi diare, jangan dikasih susu itu lagi. Dari pada ntar anjingnya tambah lemes, karena kekurangan cairan tubuh. Soale klo diare terus kan bikin cairan tubuh terkuras.

    Klo pengen anjing suka makan, dikasih aja minyak ikan. Atau bisa juga dikasih nutrigelplus, Aku saranin mending dikasih nutrigelplus aja. Itu selain bikin anjing sehat karena nambah imun, nutrigel juga bagus untuk menambah nafsu makan anjing. Harganya sekitar 60rb - 100rb. Tergantung dimana kamu belinya.

    BalasHapus
  9. anjing saya jenis tackle umur 6 bulan dia sudah 4 hari tidak mau makan , dog food pun tidak mau apalagi nasi . kira-kira kenapa yaa ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya anjing mulai hilang nafsu makan karena dia lagi gak enak badan. Jd coba aja dikasih makanan kaleng, atau nutri plus, juga snack merk craft..

      Hapus
  10. chyntia_hendriana@yahoo.com20 Oktober 2013 06.36

    Anjing saya border collie umur 3 bulan , dia sakit pilek batuk dan hidung nya berlendir , saya lihat di internet dia kena sakit canine distemper , dia mogok makan , tp saya terua suapin dia dogfood kering, kadang juga ayam. nah saya juga kasih dia nutri plu gel, utk nafsu mkn. cara apalagi yg hrs saya coba ? Trims

    BalasHapus
  11. coba dikasih snack merk craft.. Biasanya itu ampuh untuk penambah nafsu makan.. Maaf baru balas, soalnya baru sempet online nih..

    BalasHapus
  12. aku punya anjing kecil chihuahua, 3 hari yg lalu dia makannya banyak dan nafsu bgt dan aku ksh makan rendang. tiba2 besoknya dia gak mau makan sama sekali sampe sekarang. kira2 itu knp ya? terus aku harus gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mungkin effect dari rendang. Perutnya belum bisa mencerna rendang itu karena teksturnya, mungkin.
      Coba dikasih nutriplus gel aja. Bisa dibeli di petshop terdekat.

      Hapus
  13. Aku punya aniing umur 2bln. dia beberapa hari BAB terus caur, muntah2, dan batuk.. apa itu termasuk gejala cacinhan? trus klo di kasi obat cacing biasa boleh ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah BAB cair bisa dikasih lacto B, itu bisa dibeli di apotek, n soal muntah2 biasanya asam lambungnya naek, itu dikarenakan nafsu makan berkurang, bisa coba dikasih nutriplus gel atau antasida cukup 1/6 aja, dan batuk itu karena flu.
      lebih simplenya sih, mending dikasih nutri plus gel, ada di pet shop kok. Itu buat ngobatin semua penyakit

      Hapus
  14. Dokter hewan saya sih saranin COMBANTRIN utk obatcacing doggy dan diberikan 3 bulan sekali.. obatnya dpt dibeli di apotek kok dan dikasi makannya stgh tablet ..itu resep dr dokter hewan saya.. jangan disama"in ya :D

    BalasHapus
  15. Aku punya anjing shih tzu umur 7 bulan. Nafsu makan berkurang udah seminggu. Dr seminggu saya paksa makan pake pipet ( olahan daging dikasih air dikit) ditmbh ks vitamin imboost. Tp masih gak mau makan dan lemes hanya tidur setiap saat. Kdng pilek dan batuk. Harus bagaimana yah? Sdh kedokter 2x tp gak mempan obatnya. Kasih saran please :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dikasih nutri plus gel, mbak. Bisa dibeli di pet shop, harganya 90ribu. Kemasannya kayak pasta gigi. Itu buat mengembalikan nafsu makan yang lagi bermasalah dan bisa juga untuk mengobati semua penyakit yang ada di kucing atau anjing.

      Hapus
  16. Hello, nanya bole ya, aku punya corgi mau 1 th tgl 28 ini. Skrg dari jum'at kmrn dia kehilangan napsu makan, sudah 3/4 hari jg gak BAB. Kmrn ke dokter katanya kembung. Itu hari sabtu ke dokternya.
    Ada saran gak ya harus bagaimana? Pake Nutri plus gel itu bisa gak ya? Kesian soalnya, jdi aneh ngeliat dia gak aktif, lemes gitu sepanjang hari.
    Thanks :)
    Sintia

    BalasHapus
  17. iya, pake nutriplus gel bisa kok.. Itu bisa pulihin nafsu makan n banyak nutrisinya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok deh, τнaиκ чou bgt yah sharingnya :)
      Doain Moose-ku cpt sembuh ya... Rencana sore ini kasih dia combantrine dlu, baru kasih nutriplus.

      Thanks :)

      Hapus
  18. Selamat malam, mau tanya dong..
    Anjing saya sepertinya sedang stres sekaligus tidak enak badan. Belakangan memang batuk", lalu diberi obat oleh dokter. Tapi anjing ini susah minum obat, sampai saya digigit. Orang rumah jadi marah besar karena anjing ini menggit saya, anjing ini dimarahin dan sempat dipukul. Sejak itu dia berubah drastis. Yg tadinya sangat aktif dan manja, sekarang hanya bersemunyi di bawah kolong kursi. Sudah makan juga, sampai kami harus menyuapinya dengan bubur.
    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana supaya dia segera kembali seperti semula?
    Beberapa hari lalu dia sudah minum obat cacing, apa dia masih mungkin terkena sakit cacing hari hari ini? (anjing lain di rumah baru saja mati karena cacing sudah masuk sampai ke darah, saya sangat takut dia tertular)
    terimakasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bsa jd dy lgi trauma. Coba dksih nutriplus gel aja. Belinya di pet shop. Itu bgus bgt buat mulihin nafsu makan n juga bgus utk pmulihan Anjing yg baru skit. Soaale kaya vitamin n biasanya gak prlu disuapin, Anjing ska dg rasa n bau nutriplus gel.

      Hapus
    2. Bsa jd dy lgi trauma. Coba dksih nutriplus gel aja. Belinya di pet shop. Itu bgus bgt buat mulihin nafsu makan n juga bgus utk pmulihan Anjing yg baru skit. Soaale kaya vitamin n biasanya gak prlu disuapin, Anjing ska dg rasa n bau nutriplus gel.

      Hapus
  19. Anjing aq gak mau mkn udah 2 hari,,, tp minumx masih,,,, n suka muntah air gitu kira2 obat apa yag bagus kasih ke anjing yaa,,, soalx dt4 aq tdk ada dokter hewan n apotek khusus hewan ggimana solusinya mohon di bantuan please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl muntah air itu bsa JD asam lambung lagi naik. Ya kl bsa dksih nutriplus gel aj. Tp klo g ad, cba dksih susu atau sereal. Yg psti perutny g blh ksong. Soale kl klmaan dbiarin BSA dehidrasi

      Hapus
  20. Anjing saya jenis kintamani umur 1,5 bulan baru beli 1 minggu yg lalu, dia susah makan dikasi dog food cma dmakan sedikit. Dari 2 hari yg lalu dia batuk2 trus dari tadi sore ga mau makan n muntah2. Mohon infonya please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo batuk2 kmungkinan krn cuaca. Tp kl muntah krn g mau mkan, n muntahannya bntuk busa itu bsa jd Asam lambung naik. Cba dksih nutriplus gel aj. BSA beli di pet shop. Itu bogus utk mulihin nfsu mkan Anjing. Trus spya nfsu mkan pulih, CBA dksih mkanan kaleng jg. Biasanya dia g mau mkan krn pnciuman lg brmasalah. Entah krn flu/ batuk. Jd cba dksih mkanan yg baunya nyengat kyk mkanan kaleng

      Hapus
    2. Nutriplus itu nanti slain bogus utk mulihin nfsu makan, nutriplus jg baik utk mnjaga sistem imun jg lo.. Cba aj! Biasanya guk guk klo dksih nutriplus gel, baru dibuka aja tutupnya uda pdA dtang n jilatin gel nya. Ini jg blaku utk kucing jg lo..

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  22. hay ..
    boleh nanyak gak ..
    kkak ku beli anjing kintamani ..
    pas 1 hari tu mau makan ..
    Besoknya dikasik kepala ayam,langsung diia muntah
    dan gak mau makan / minum sampai sekarang :(,dan mencret sampai sekarang .!!
    apa ya yg harus aku lakukan ..
    Supaya anjing ku mau makan lagi ..
    bantu saya dong kawan ?? :( :( Pliiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo masalahnya gak mau makan dan mencret sampai sekarang, kemungkinan dia sensitif dg kepala ayam n mungkin karena cuaca juga. trus soal mencret, bisa dikasih Lacto B. belinya di apotik. Setiap hari dikasih setengahnya aja. Ntar sembuh sendiri, tp gak tllu cepet. N klo sampai sekarang jd susah makan, coba dikasih makanan kaleng aja. Biasanya guk guk suka makanan yg baunya menyengat kyak makanan kaleng. Tapi kalau ttp gak mau makan, coba dikasih nutri plus gel aja. Itu bagus untuk memulihkan nafsu makan n tinggi vitamin juga. Belinya di petshop

      Hapus
    2. berapa ya hrganya kira-kira ??

      Hapus
    3. Klo lacto B murah kok. Kyake 10rb..agak lupa. Klo nutriplus agak mahal. Harganya 90rb. Cma yg in bsa ngobatin smua pnyakit

      Hapus
  23. kalao anjing yang kembung minum obat apa yah?semalam makan daging ikan dan tadi pagi muntah dan kejang kejang.terus saya kasi susu dikit tapi sekarang perutnya kembung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dagingnya baru disimpan dikulkas ya? Kl dr kulkas emang sbaiknya dtggu smpek dngin dulu aj baru dksihkan.

      Hapus
    2. Utk mngatasi kmbung, bsa ksid supplement yg mngandung yucca schdigera atau asetat zinc. Lalu plambat mkan Anjing dg cara mberi mkan dg porsi sdkit tp lbh sering. Lalu CBA ubah makanannya dg memlih bahan yg natural/ holistic. Trakhir ajak Anjing stdaknya berolahraga lari lari slama 30 menit tiap harinya

      Hapus
  24. Haiii.. aq punya anjing yorkshire umur hampir 2th. Tiba" ilang nafsu mkn udh aq cb d porsi mknny, tp malah tambah ga d mkn. Dr 2hr yg lalu mencret.. gmn solusiny yaa.. tq ~shirley~

    BalasHapus