Jumat, 10 Agustus 2012

Cara membantu proses kelahiran anjing


Jika kalian punya anjing yang mau melahirkan, jangan bingung! Karena ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan proses kelahirannya. Yaitu:


Setelah bayi keluar segera angkat, pisahkan bayi tersebut supaya kita dengan mudah membersihkannya. Ingat, semua plasenta dan ari-ari harus dikeluarkan. Kalau putus, usahakan tarik dengan tissue atau kain supaya tidak licin. Ari-ari boleh diberi makan ke induknya.





Segera robek plasenta yang membungkus bayi, pegang bayi dengan benar karena cairan ketuban sangat licin. Gunakan kain handuk untuk mengeringkan cairan. Gosokkan handuk dari bagian punggung bayi supaya bayi dapat bernafas dan hangat. Jika bayi tersebut tidak bernafas segera ikuti petunjuk di foto berikut.






Gunakan alat seperti yang terlihat di gambar di atas , alat ini dapat anda beli di toko kamera gunanya untuk membersihkan debu. Masukan penyedot ke dalam rongga mulut dengan mengempiskan atau menekan bagian balon . Lalu lepas bagian balon supaya alat ini segera menghisap cairan yang ada dimulut. Ingat, jangan mengempiskan alat ini didalam rongga mulut atau hidung karena akan meniup atau mendorong cairan masuk lebih dalam. Setelah cairan tersedot, segera mengembang kempiskan alat ini supaya cairan yang tersedot bisa keluar. Ulangi langkah ini berulang kali sampai cairan ketuban hilang. Sedot juga cairan yang ada di hidung.

 Setelah bayi anjing bernafas dan menangis (tangisan yang keras menandakan bayi anjing tsb sehat) segera ikat dengan benang nilon atau benang jahit operasi. Jangan menggunakan benag jahit baju karena bisa menyayat . Ikat tali pusat sekitar 0,5 cm dari pangkal lalu gunting tali pusat sekitar 0,5 cm- 1 cm dari ikatan benang.






Tali pusat setelah di ikat dan dipotong (maaf kualitas gambar kurang baik)

Setelah selesai urusan tali pusat, gosok terus bagian punggung bayi anjing dengan handuk. Kalau perlu gunakan tissue untuk mengeringkan cairan yang masih ada di badan. Tempelkan badan bayi di telinga anda , coba dengar apakah nafasnya bersih. Kalau masih terdengar suara cairan seperti orang pilek segera ulangi penyedotan seperti diatas.
Kalau sudah beres, segera berikan madu sedikit saja (kira-kira 1 tetes kecil) supaya bayi anjing mempunyai tenaga dan naluri menghisap. Segera menetekan bayi tersebut kepada induknya. 

Beberapa saat setelah induk anjing menyusui bayinya biasanya akan segera terjadi kontraksi lagi. Pindahkan bayi anjing ketempat yang aman selama induknya kontraksi karena akan membahayakan bayi anjing (terinjak dan ketendang oleh induknya).

Jika anda merasa tidak mampu melakukan pertolongan kelahiran. Segera hubungi Dokter Hewan terdekat.




5 komentar:

  1. maaf mo nanya pas ikat tali pusatnya itu harus kencang banget yah? ato cm sekedar ikat aja? atau agak sedang kerapatan ikatanya? soalnya d gambar ga terlihat kencang. :)

    BalasHapus
  2. Iya sekedar diikat aja ya.. jangan kenceng kenceng.

    Oya, aku ada kucing persia medium jantan yg gi dijual ne.. kalo mau, hub sintarzk9@gmail.com (085645848607)

    BalasHapus
  3. anak anjing baru lahir bagusnya dikasih makan apa yah kalo induknya gk ada air susu?

    BalasHapus
  4. maaf baru sempet bls. Utk yg baru lahir, coba dikasih susu top grow. itu bagus sekali untuk puppy. trims

    BalasHapus
  5. http://www.profilebisnis.com/2015/05/proses-kelahiran-anak-anjing-pomeranian.html

    Pengalaman pribadi guys and gals
    Mngkn membantu

    BalasHapus