Minggu, 19 Agustus 2012

Pentingnya menyikat gigi anjing


Pernahkah anda sadari bahwa menyikat gigi anjing anda itu sama pentingnya dengan menyikat gigi anda sendiri? Bayangkan saja! Bagaimana jika kebersihan gigi anjing anda kurang? Bagaimana nasib anjing anda?

Sementara hal ini bisa memicu  bau  nafas tidak sedap, plak gigi, karang gigi, masalah gusi, masalah pencernaan bahkan penyakit jantung pada anjing anda!

Apakah anda akan membiarkan begiu saja?

Jangan!

Nah, berikut adalah cara menyikat gigi anjing yang bisa anda coba di rumah:

1.  asakan anjing anda untuk dibuka bibir maupun mulutnya.
2.  Anda dapat membiasakan anjing anda dengan menggosok jari anda pada gigi dan gusi anjing anda. Perhatikan reaksi yang diberikan anjing anda. Ingatlah untuk tidak terlalu memaksakan hal tersebut, proses ini haruslah menyenangkan bagi anjing anda.
3.  Jika langkah pertama dan kedua berhasil lanjutkan selama beberapa hari kedepan dengan catatan anjing anda harus bisa menerima apa yang anda lakukan.
4.  Selanjutnya anda bisa mulai menggunakan pasta gigi yang dikhususkan untuk anjing, pasta gigi ini biasanya aman jika tertelan dan dijual di petshop, mulai dari beragam ukuran hingga rasa yang bervariasi. Anda dapat mencoba satu rasa yang mungkin disukai oleh anjing anda.
5.  Keluarkan sedikit pasta gigi di jari anda, kemudian gosoklah jari anda pada gigi dan gusi anjing anda. Hal ini dilakukan agar anjing anda terbiasa dengan rasa pasta gigi yang menempel di gusi atau pada gigi dan lidahnya. Anjing anda mungkin akan merasa aneh dan berusaha mengeluarkan pasta gigi itu dengan lidahnya, tapi hal tersebut bukanlah masalah. Anda dapat terus memuji jika ia bersikap baik selama proses tersebut. Berikan cemilan sebagai penyemangat untuk anjing anda.
6.  Lakukan proses kelima selama seminggu atau hingga anjing anda terbiasa dengan proses pasta gigi tersebut. Ingatlah untuk tidak terlalu memaksakan hal tersebut, proses ini haruslah menyenangkan bagi anjing anda.
7.  Kemudian anda dapat membeli sikat gigi yang dikhususkan bagi anjing (pilih ukuran yang sesuai), atau sikat gigi untuk anak bayi yang bentuknya kecil dan dimasukan kedalam jari (untuk anjing berukuran kecil). Bukalah mulut atau lipatan bibir anjing anda dan gosoklah secara perlahan kearah yang benar, sama seperti anda menggosok gigi anda sendiri. Lakukan proses ini dengan menggunakan pasta gigi.
8.  Jika proses ketujuh berhasil, maka anda dapat memperpanjang waktu yang anda gunakan untuk menyikat gigi anjing anda agar lebih bersih. Lakukan hal ini setiap harinya, untuk menghindari masalah kesehatan yang dapat timbul karena karang gigi.

Selain menyikat gigi anjing anda, ada beberapa cara lain yang dapat anda lakukan untuk menghindari pembentukan plak ataupun karang gigi pada anjing anda, yaitu:

1.  Pemberian produk-produk seperti Greenies® yang diperuntukan untuk membersihkan gigi anjing.
2.  Pemberian makanan/ dog food yang kering. Pemberian dog food basah akan membentuk karang gigi dengan lebih cepat.
3.  Pemberian tulang mentah untuk anjing berukuran besar dapat membantu anjing anda membersihkan karang gigi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar