Senin, 27 Agustus 2012

Penyebab dan cara mengatasi anjing suka kentut sembarangan


Perut kembung merupakan hasil dari akumulasi gas-gas yang terdapat di saluran pencernaan. Gas-gas ini terperangkap didalam sana dikarenakan beberapa hal berikut dibawah ini:

* Menelan udara yang berlebihan (terutama ketika mereka melahap makanan dengan rakus) dapat menyebabkan kelebihan gas. Ingat, apa yang masuk harus keluar. Jika anjing anda tidak bersendawa mengeluarkan udara yang tertelan, maka gas tersebut akan keluar melalui ujung yang lain. Meskipun demikian, perut kembung yang diakibatkan oleh udara yang tertelan biasanya tidak menimbulkan bau yang menyengat.

* Merupakan proses yang normal dari pencernaan untuk menghasilkan gas di saluran usus. Gas yang berbau busuk sering disebabkan oleh bakteri dalam usus yang membantu mencerna makanan yang tidak sepenuhnya dicerna di lambung dan usus kecil.

* Infeksi-infeksi, penyakit-penyakit dan kelainan-kelainan pada saluran gastrointestinal dapat menyebabkan produksi gas yang berlebihan.
Jika seekor anjing memiliki gas didalam perut yang berlebihan dengan bau busuk, kemungkinan penyebabnya adalah makanannya. Namun, bisa juga hal tersebut merupakan hasil dari infeksi atau penyakit.

Bagaimana cara mengurangi perut kembung pada anjing anda

Hal pertama: apakah anjing anda menunjukkan gejala-gejala penyakit? Jika iya, anjing anda harus dibawa ke dokter hewan sebelum anda berusaha untuk mengatasi sendiri perut kembung pada anjing anda. Tanda-tanda seperti diare, muntah dan kehilangan nafsu makan disertai dengan perut kembung dapat berarti adanya masalah pada saluran gastrointestinal. Meskipun anjing anda menunjukkan gejala penyakit lain yang sepertinya tidak berhubungan dengan perut kembungnya, anda harus tetap membawanya ke dokter hewan sebelum mengganti makanannya ataupun pengobatannya.

Jika anjing anda terlihat baik-baik saja disamping gas tersebut, langkah selanjutnya adalah memastikan anjing anda sehat secara keseluruhan. Semua anjing harus diuji kesehatannya oleh dokter hewan setiap 6-12 bulan sekali. Jika anjing anda telah mengunjungi dokter hewan selama 6-12 bulan terakhir dan tidak ditemukan adanya masalah kesehatan apapun, maka bagus. Jika tidak, lebih baik anda membuat janji untuk bertemu dokter hewan sebelum anda mengatasi perut kembung pada anjing anda sendiri.

Jika anjing anda terlihat sehat secara keseluruhan, maka hal-hal berikut ini yang dapat anda rubah sebagai usaha untuk melancarkan keluarnya gas yang terdapat didalam perutnya:

* Ubahlah makanan anjing anda. Makanan anjing yang anda berikan dapat mengakibatkan produksi gas yang berlebihan pada anjing anda. Jika anda memberikan anjing anda makanan berkualitas rendah “ekonomis” makanan yang penuh dengan ‘fillers’ atau makanan yang terbuat dari jagung dan makanan ‘by-products’ atau makanan yang terbuat dari olahan organ-organ yang tidak dimakan oleh manusia, cobalah untuk merubah makanan tersebut dengan kualitas makanan yang lebih baik yang terbuat dari kesulurahan bahan makanan. Cobalah makanan anjing yang natural (alami), holistic. Anda juga bisa mempertimbangkan makanan homemade. Hindari bahan-bahan yang dapat memproduksi gas yang berlebihan seperti, kedelai, susu, kacang-kacangan dan buah.

* Perlambat cara makan anjing anda. Anda dapat memberi makan anjing anda dalam porsi yang lebih sedikit namun lebih sering dalam sehari, atau gunakan mangkok makan yang secara khusus didesain untuk memperlambat cara makan anjing anda.

* Cobalah probiotik. Ketika keuntungan dari probiotik menjadi perdebatan diantara pakar professional, namun tentu saja hal tersebut tidak membahayakan jika anda mencoba untuk menambahkan bakteri baik kedalam saluran gastrointestinal anjing anda. Pastikan anda menggunakan probiotik berkualitas tinggi yang cocok untuk anjing anda. Tanyakanlah pada dokter hewan anda untuk merekomendasikannya.

* Cobalah suplemen makanan. Penggunaan Yucca schidigera atau asetat Zinc telah banyak diketahui dapat mengurangi bau gas, tetapi bukan gas tersebut. Arang aktif juga diketahui dapat mengurangi bau gas. Sebelum anda mulai memberikan anjing anda suplemen, pastikan memilih produk yang dapat digunakan/ditujukan untuk digunakan pada anjing.

Ketika anda memutuskan untuk merubah salah satu diatas, pastikan untuk mencoba satu pilihan dalam satu waktu untuk memastikan cara mana yang dapat berkerja dengan baik. Jika tidak ada satupun yang bekerja, anda dapat mencoba menggabungkan beberapa cara pada satu waktu. Ingatlah, jika pada suatu saat terjadi diare, muntah, kehilangan nafsu makan atau gejala-gejala penyakit lainnya pada anjing anda, anda harus membawanya ke dokter hewan.

Ketika anda menunggu cara-cara diatas berkerja, satu cara yang mudah untuk mengurangi gas pada anjing anda adalah dengan cara berolahraga. Berjalan-jalan 30 menit setelah anjing anda makan dapat membantu mengeluarkan gas-gas tersebut lebih cepat, biarkan anjing anda mengeluarkan gas tersebut diluar rumah dimana bau gas tersebut lebih tidak jelas berbau.



AnjingKita.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar